Keluarga WNI Hilang di Turki Melaporkan ke Muhammadiyah Karanganyar

Sahlilan M Ali 
KARANGANYAR – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, Jawa Tengah, baru mengetahui bahwa dua adik kandung salah satu pengurusnya hilang di Turki.
Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, Sahlilan M Ali mengatakan mengetahui kabar hilangnya Hafid Umar Babher dan Fauzi Umar setelah Muhammad Arif, kakak tertua dari kedua WNI yang hilang tersebut, secara resmi berkonsultasi ke PD Muhammadiyah.
“Kami baru tahu setelah Ustadz Arif (M. Arif) bertemu dengan ketua kami melaporkan sekaligus meminta saran menyangkut langkah apa yang harus ditempuh pihak keluarga untuk mengetahui keberadaan kedua adiknya yang hilang tersebut,” papar Sahlilan kepada Okezone di Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (10/3/2015).
Menurut Sahlilan, setelah mendapatkan laporan dari Ustadz Arif, PDM Karanganyar langsung merespons cepat dan segera berkoordinasi dengan pihak keluarga yang diwakili Ustadz Arif dan menyarankannya untuk meminta LBH Muhammadiyah sebagai mediator mendesak pemerintah mencari keberadaan kedua adiknya, termasuk istri dan ketiga anak Hafid yang masih kecil.
Untungnya, salah satu adik Ustadz Arif yang hilang di Turki tersebut bisa berbicara Bahasa Arab. Sehingga paling tidak mereka bisa berkomunikasi dengan warga Turki. “Kalau hal-hal lain saya belum sempat berbincang. Selain saya sendiri habis sakit. Dari laporan BKBH Muhammadiyah, akan ada langkah-langkah lain namun menunggu keluarga tenang terlebih dahulu,” ujarnya.
Menyusul hilangnya Hafid Umar Babher dan Fauzi Umar, menurut Sahlilan, Ustadz Arif telah mengajukan untuk sementara tidak aktif terlebih dahulu dalam kegiatan perserikatan karena yang bersangkutan ingin fokus terlebih dahulu mencari kedua adiknya tersebut.
Dalam kepengurusan PDM, Ustadz Arif duduk sebagai Ketua Majelis Tabliq PDM Muhammadiyah. Sedangkan sehari-hari, Ustad Arif mengajar sebagai guru agama di Karanganyar. “Kami menjawab silahkan Ustadz fokus dulu terhadap pencarian adiknya. Selain bersama-sama berdoa, kami pun akan membantu sekuat tenaga,” pungkasnya. (sp/okezone)