Jokowi Segera Rombak Struktur Organisasi TNI

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengubah struktur organisasi TNI. Salah satu yang akan diubah yaitu menghidupkan kembali posisi wakil panglima TNI.
“Tadi diusulkan supaya ada wakil panglima. Presiden meminta untuk ada telaahnya, untuk segera disiapkan regulasinya,” ujar Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Kantor Presiden, Selasa (17/3).
Andi menjelaskan, posisi wakil panglima kembali dipertimbangkan karena selama ini tak ada fungsi komando yang menggantikan panglima apabila sedang bertugas ke luar negeri.
Selain wakil panglima, diusulkan pula jabatan Panglima Komando Operasi Angkatan Udara dipecah menjadi tiga, dan Komando Armada juga dipecah menjadi tiga. 
Menurut Andi, usulan perubahan organisasi di tubuh tentara tersebut sebenarnya telah ada sejak zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat ini, kata dia, presiden meminta dibuat kajian soal perubahan struktur organisasi sebelum dikeluarkan Perpresnya.
Berbicara terpisah, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menambahkan, Panglima Komando Operasi Angkatan Udara, nantinya akan menjadi Pangkoops I, II, dan III. Sedangkan, Komando Armada akan menjadi Komando Armada Barat, Timur, dan Tengah.
“Wilayah tengah laut bisa di Makassar, udaranya bisa di Sorong,” ujar dia.

Reporter : Halimatus Sa’diyah
Sumber  : republika