Ini Rekaman Mencekam Cockpit Germanwings

PARIS – Hasil rekaman suara di cockpit pesawat Germanwings menunjukkan pilot meninggalkan ruang cockpit sebelum pesawat Jerman itu akhirnya jatuh di pegunungan Alpen, Prancis, Rabu (25/3).

Jaksa Marseille, Brice Robin, dan Badan Aviasi Prancis (BEA) mengatakan hasil rekaman memperlihatkan pesawat jatuh beberapa saat setelah sang pilot meninggalkan cockpit dan tidak bisa masuk kembali.

Seperti dikutip 9news, Robin mengatakan tidak ada jawaban mengapa pilot meninggalkan ruang cockpit dan mengapa tidak bisa masuk kembali. Namun, hasil rekaman menunjukkan pilot berusaha mendobrak pintucockpit dalam suasana mencekam delapan menit sebelum pesawat tersebut jatuh.

Berikut kronologis suasana mencekam yang terekam dari rekamancockpit pesawat Germanwings.

– Berdasarkan hasil rekaman, kedua pilot masih sempat terdengar berbincang santai. Termasuk perbincangan soal prosedur pendaratan. ”Perbincangan tersebut sekitar 20 menit,” sebut laporan yang dikutip9news.

– Kemudian terdengar suara kursi pilot didorong ke belakang, sepertinya sang pilot ingin pergi ke toilet. Kopilot sendirian berada di ruang cockpitdan seketika tombol menyala sebagai tanda bahwa pesawat mengalami penurunan ketinggian.

– Lalu, terdengar suara kapten menggedor-gedor pintu cockpit untuk mencoba masuk kembali ke ruang cockpit. Tapi, kopilot yang berada di ruang cockpit tersebut tidak menjawabnya.

– Hasil rekaman menunjukkan kopilot masih dalam kondisi sadar. ”Kopilot masih hidup karena suara nafasnya masih terdengar,” sebut laporan yang dikutip 9news.

– Kontak juga terdengar dari menara kontrol di darat, tapi tidak ada respon dari cockpit. Pesawat terus menungkik dengan kecepatan tinggi. Suasana mencekam itu terjadi selama delapan menit sebelum pesawat Germanwings hancur menghujam daratan.

Masih dikutip dari 9news, investigator Prancis menyimpulkan kopilot sengaja tidak membukakan pintu kabin. Dia juga memencet tombol penurunan ketinggian sehingga autopilot menjadi tidak berfungsi. (sp/rol)