IMM DIY Akan Menggelar Latihan Instruktur Madya


LATIHAN INSTRUKTUR MADYA
DEWAN PIMPINAN DAERAH IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
“Peneguhan Pedagogy-Kritis Sebagai Paradigma Ikatan Untuk Membentuk
Instruktur Revolusioner”
Dasar Pemikiran
Semenjak masuk dalam tahun 2015, di Negara ini terjadi problematika terutama mengenai pemberantasan korupsi. Pergesekan antara KPK dengan instansi Kepolisian membuat resah masyarakat karena kedua instansi tersebut adalah ujung tombak dalam hal pemberantasan korupsi di negri ini, namun jusru bersitegang antara keduanya. Hingga saat ini pun masih berjalan proses hukum terhadap empat pimpinan KPK dan satu orang dari pihak kepolisian.
Penegakan hukum memang harus ditegakkan tidak terkecuali dan tanpa pandang bulu. Bahkan jika itu menyangkut kepada orang dalam instansi KPK dan kepolisian. Jangan ada kepentingan-kepentingan kotor sehingga korupsi terus merajalela di negri ini. Dan tidak bisa dipungkiri setiap orang itu punya kepentingan termasuk yang duduk di tempat strategis dalam Negara, persoalanya kepentingan yang dibawa itu lebih berpihak pada siapa. Kepetingan yang mereka bawa merupakan hasil dari konstruksi social tidak terkecuali pendidikan. Untuk memperbaiki kondisi diatas maka pendidikan harus menjadi prioritas selain menjadi tempat transformasi nilai juga menjadi tempat untuk melatih yang akan mensuplai orang-orang  yang akan memperbaiki kondisi Negara ini.
Namun pendidikan sekarang tidak berorientasi menciptakan pemimpin, kurikulumnya lebih banyak mengarahkan pada penguasaan skill yang menunjang pada kerja-kerja produksi ekonomi, mulai dari pengoprasian mesin, pengelolaan keuangan, adminstrasi, dll. Sedikit sekali materi yang sifatnya pada pengembangan jiwa serta visi kepemimpinan bahkan tidak ada materi yang diberikan, justru agenda-agenda pembentukan pemimpin lebih banyak dikerjakan organisasi masyarakat.
Mahasiswa adalah elemen yang tepat menjadi basis yang akan melanjtukan tampuk kepemimpinan selanjutnya. Untuk itu pendidikan dalam kemahasiswaan harus mampu untuk mencetak generasi penerus yang berkualitas. Dan salah satu tugas dari sebuah organisasi mahasiswa terutama IMM adalah menyiapkan kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa.
Untuk menyiapkan pemimpin yang memiliki visi dalam pembangunan Negara dan maysarakat serta menghasilkan kader-kader yang berkualitas dari segi kapasitas dan jiwa kepemimpinan dan juga skill yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin tentunya perlu fasilitas untuk mengembangkan hal itu, termasuk infrastruktur perkaderanya itu instruktur yang bertugas untuk mengkader (mendidik) calon-calon pememipin sehingga menyiapkan instruktur yang berkualitas merupakan tugas wajib yang harus dilakukan oleh Ikatan agar kader-kader tersebut.
Untuk itu DPD IMM DIY dalam hal ini sedang mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan untuk mempersiapkan Instruktur tingkat Madya (LIM) yang nantinya akan mengampu perkaderan di wilyah Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan mengontrol jalannya perkaderan agar proses perkaderan tetap berjalan sekaligus untuk menyiapkan kader untuk menjadi pemimpin masa depan.
Peserta
Jumlah Maksimal Peserta 40 orang dari cabang DIY dan rekomendasi DPD se-Indonesia
Syarat peserta:
  1. Menyerahkan DRH
  2. Membayar SWP Rp. 150.000 dan SWO Rp. 200.000
  3. Mendapatkan surat rekomendasi dari cabang bagi dalam DIY dan atau DPD bagi Luar DIY dengan menunjukkan surat rekomendasi dari Instasi terkait.
  4. Sudah mengikuti LID dan mempunyai pengalaman Instruktur dasar minimal 1 Tahun dengan menyerahkan Syahadah LID atau durat keterangan sudah ikut LID
  5. Sudah mengikuti DAM minimal 1 tahun dengan menyerahkan Syahadah DAM atau surat keterangan sudah mengikuti DAM.
  6. Sudah pernah duduk di Pimpinan Cabang Minimal satu Periode
  7. Menulis Makalah dengan ketentuan:
  8. Font cambria
  9. Kertas A4, margin 2,2,2,2 minimal 10 halaman
  10. Tema Makalah :
  • Paradigma Perkaderan Ikatan
  • Perkaderan dan Transformasi Sosial
  1. Refrensi minimal 5 buku
  2. Mengikuti Screening pada tanggal 30 Maret di PWM mulai pukul 08.00-17.00
  3. Pengumpulan berkas Peserta paling lambat tanggal 29 Maret 2015. Berkas di kumpulkan di Sekretariat DPD IMM DIY(Utara Gedung Kantor PWM) atau lewat e-mail: efyas@gmail.com
Kontak lebih lanjut     : 085760852827 | satria

sumber : immdiy.or.id