Hari Terjadi Gerhana Matahari Langka

Jumat (20/3), gerhana matahari langka akan terjadi di Eropa. Gerhana ini akan menjadi gerhana tergelap di benua ini sejak 1999. Sinar matahari yang akan berkurang bervariasi. 85 persen di London dan 98 persen di Skotlandia.
Gerhana dimulai pukul 7:41 GMT di pagi hari. Warga di Afrika Barat dan Eropa Barat akan melihat bulan yang bulan menutupi matahari. Gerhana total akan terjadi sekitar pukul 9:10, di Kepulauan Faroe pukul 9:40 dan di Svalbard, Norwegia pukul 11:10 waktu setempat. Gerhana akan berakhir pukul 11:50 GMT.
Di Indonesia efek gerhana matahari tidak terasa. Menurut Abdul Rachman, peneliti astronomi Lapan, gerhana matahari total di Indonesia akan terjadi pada 9 Maret 2016. Menurut catatan Lapan, gerhana Matahari terakhir kali terjadi di Indonesia pada 2012.
Pada gerhana matahari 20 Maret, bayangan bulan akan menciptakan gerhana matahari total. Video dari NASA ini menunjukkan beberapa visualisasi seperti apa tampak bayangannya jika dilihat dari angkasa luar. Visualisasi ini dibuat dengan mengkalkulasi posisi bumi, bulan, dan matahari pada tanggal tersebut dan dengan menggunakan mosaik foto global Lunar Reconnaissance Orbiter serta peta elevasi.(sp/www.dw.de)

Tag Favorit : #gerhana  #ilmufalak