Din Syamsudin: Terorisme Bukan Wajah Asli Islam

HAINAN – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsudin menegaskan, Islam bukan agama teroris. Pernyataan itu disampaikan Din saat menyampaikan ceramah terkait ide Islam Jalan Tengah di Cina. 

Berbicara dalam acara Boao Forum For The Future Asia (BFA), Din menjelaskan prinsip jalan tengah Islam (Wasathiyah) sebagai jalan keluar pada problematika peradaban. Ia menyatakan, jalan tengah ini menekankan dialog antarumat beragama di seluruh dunia.

“Dari dialog ini akhirnya terjadi sikap saling menghormati antara masing masing umat beragama,” kata dia melalui pesan singkat, Senin (30/3). 

Din berkata, para teroris yang mengatasnamakan ‘Islam’ saat ini bukanlah wajah asli Islam. Mereka, kata dia, hanya memanfaatkan Islam untuk kepentingan politiknya. “Istilahnya mereka itu ‘membegal’ Islam. Jadi salah kalau mengidentikkan Islam dengan terorisme,” ujar dia.

Dalam acara BFA dibahas isu isu terkini tentang ekonomi dan juga perdagangan. Baru pada perhelatan kali ini, isu agama menjadi topik baru yang ikut dibahas. Dari Indonesia selain Din, turut hadir juga Presiden Jokowi, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menlu Retno Marsudi, Mendag Rahmat Gobel, dan Kepala BKPM Sibarani. (sp/republika)