Densus Tangkap Terduga ISIS di Bekasi

BEKASI – Anggota Detasemen Khusus 88 Anti-Terror dan Direktorat Umum Polda Metro Jaya menangkap lima pelaku terduga jaringan Islamic of Iraq and Syria (ISIS) pada Sabtu (21/3/2015). Kelimanya ditangkap di empat lokasi berbeda.
Aprianul alias Mul ditangkap di Pertukangan, Jakarta Selatan; Muhammad Fachri ditangkap di Pamulang, Tangerang Selatan; Amin Nude ditangkap di depan Mall Cibubur Junction dan Engkos Koswara serta Furqon ditangkap di daerah Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Inspektur Jendral Unggung Cahyono mengatakan, kelima pelaku yang ditangkap polisi diduga terlibat dalam pengiriman 21 Warga Negara Indonesia (WNI) untuk bergabung ke jaringan ISIS pada beberapa waktu lalu.
Mereka, kata Kapolda, juga terlibat dalam kasus penangkapan 16 WNI yang di perbatasan Turki dengan Syria. “Mereka yang membuatkan pasport dan merekrut 16 WNI yang ditangkap di perbatasan Turki,” kata Unggung di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (22/3/2015).
Unggung menjelaskan, para terduga teroris yang ditangkap polisi saling memiliki peran untuk merekrut anggota. Mul, Amin Nude, M. Fachri dan Koswara berperan sebagai fasilitator, di mana mereka membiaya perjalanan para calon anggota ke Syria.
Sedangkan Furqon bertugas mengupload video kegiatan jaringan ISIS di internet dan menyebarluaskan ancaman melalui pesan singkat ke nomor pengguna provider.
“F (Furqon) merupakan residivis teroris asal Bima, Nusa Tenggara Barat. Dia sudah kami incar sejak beberapa waktu silam,” ucap Kapolda. (sp/tribunnews)