Walikota Muslim Terbaik Dunia itu Ternyata Syiah Ismailiyah

Sang Pencerah- Sekitar beberapa hari yang lalu beberapa media Islam memuat berita mengenai walikota terbaik dunia yang ternyata beragama Islam. Lembaga yang memberi penghargaan tersebut adalah World Mayor Prize. Seperti yang dilansir oleh Islampos, WMP pertama kali dianugerahkan pada 2004. Saat itu, penghargaan diberikan setahun sekali, hingga pada 2006 City Mayor memutuskan mengubah periode pemberian penghargaan menjadi dua tahunan.
26 wali kota terbaik dari berbagai belahan dunia dinominasikan sebagai kandidat penerima WMP. Adapun rincian finalis terdiri atas empat wali kota dari Amerika Utara, empat wali kota dari Amerika Latin, sembilan wali kota dari Eropa, enam wali kota dari Asia, satu wali kota dari Australia, serta dua wali kota dari Afrika.
Beberapa nama nominator itu adalah Naheed Nenshi (Calgary, Kanada), Annise Parker (Houston, AS), Mick Cornett (Oklahoma City, AS), Kevin Johnson (Sacramento, AS), Marcio Lacerda (Belo Horizonte, Brasil), Alvaro Arzu (Guatemala City, Guatemala), Carlos Eduardo Correa (Monteria, Kolombia), dan Carlos Ocariz (Sucre, Venezuela).
Selain itu, Daniel Termont (Ghent, Belgia), Alain Juppe (Bordeaux, Prancis), Albrecht Schroter (Jena, Jerman), Yiannis Boutaris (Thessaloniki, Yunani), Guisy Nicolini (Lampedusa, Italia), Nils Usakovs (Riga, Latvia), Jose Ramon Garcia (Ribera de Arriba, Spanyol), George Ferguson (Bristol, Inggris) serta Joe Anderson (Liverpool, Inggris).
Sementara perwakilan Asia, Australia dan Afrika antara lain, Tri Rismaharini (Surabaya, Indonesia), Yona Yahav (Haifa, Israel), Jed Patrick Mabilog (Iloilo City, Filipina), Hani Mohammad Aburas (Jeddah, Arab Saudi), Park Woon-Son (Seoul, Korsel), Aziz Kocaoglu (Izmir, Turki), Clover Moore (Sydney, Australia), Jacqueline Moustache (Victoria, Seychelles), dan Thabo Manyoni (Mangaung, Afsel).
Setelah melalui penilaian, walikota terbaik pertama jatuh pada Naheed Nenshi dari Calgary Kanada dan tempat ketiga diperoleh Tri Rismaharini dari Surabaya Indonesia. Namun ternyata ada yang luput bahwa ternyata Naheed Nenshi Walikota di salah satu Kota Kanada adalah seorang syiah Ismailiyah. Seperti yang kita ketahui syiah Ismailiyah merupakan dalah satu pecahan dari banyak aliran dalam firqoh syiah. Uniknya beberapa media yang pada awalnya memberitakan mengenai Naheed Nenshi, sekarang berita mengenai hal tersebut sudah dihapus dan tidak dapat ditemukan lagi.