Tanggapan PP Pemuda Muhammadiyah Terkait Penyerangan Az Zikra

 

 
“Saya kira penyerangan itu jelas kriminal sekaligus provokasi kepada umat Islam secara keseluruhan agar terjebak dalam konflik Sunni-Syiah, di mana di Indonesia, umat Islam mayoritas adalah Sunni,” tulis Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan, Jumat (13/2/2015)

Pemuda Muhammadiyah juga mendesak pihak kepolisian untuk segera mengusut dan menangkap aktor pelaku penyerangan kompleks perumahan Az-Zikra pimpinan Ustadz Arifin Ilham di Sentul, Bogor. Dahnil seraya mengingatkan umat Islam untuk tidak terprovokasi dengan  menuduh pihak tertentu seperti kelompok Syiah yang bertanggungjawab atas insiden penyerangan tersebut.

Mengenai kabar bahwa Pemuda Muhammadiyah akan mengerahkan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) untuk menyerang balik kelompok Syiah yang dituduh melakukan penyerangan tersebut, Dahnil membantahnya. Dahnil menyatakan bahwa Pemuda Muhammadiyah berkomitmen untuk menjaga harmoni antar umat seagama dan antar umat beragama, serta tidak akan terprovokasi dengan usaha memecah belah yang ingin dilakukan kelompok kepentingan tertentu.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa kelompok Syiah seperti Dewan Pengurus Pusat Ahlulbait Indonesia, membantah keterlibatan pihaknya dalam penyerangan dan penurunan spanduk di Area Perkampungan Majelis Azzikra asuhan KH Muhammad Arifin Ilham tersebut. (sp/rol)