Sudah Saatnya PAN Ingat Jasa Muhammadiyah


JAKARTA — Aktivis Muda Muhammadiyah, Muhammad Azrul Tanjung mengatakan, sudah saatnya Partai Amanat Nasional (PAN) mengingat jasa Muhammadiyah dan menempatkan kader terbaik ormas itu sebagai Sekretaris Jenderal PAN.
   
“Peran Muhammadiyah sangat besar dalam pendirian PAN. Tidak hanya sidang tanwir Muhammadiyah yang memberikan amanah kepada Amien Rais, juga jaringan yang dimiliki Muhammadiyah,” ujar Azrul Tanjung di Jakarta, Selasa, (17/2).


Dia mengingatkan, PAN lahir dari rahim Muhammadiyah melalui sidang tanwir 5 sampai 7 Juni 1998 di Semarang. Bahkan Muhammadiyah yang memberikan amanah kepada Amien Rais yang saat itu menjabat Ketua PP Muhammadiyah untuk mendirikan PAN.
   
Jasa Muhammadiyah, kata Azrul, sangat besar dengan dimanfaatkannya jaringan ormas itu oleh PAN. PAN juga menggunakan berbagai fasilitas milik Muhammadiyah.


“Sekarang, kami merasa ada jurang yang cukup dalam antara Muhammadiyah dan PAN. Ini terbukti dari minimnya kader Muhammadiyah dalam kepengurusan PAN 2010-2015,” kata Azrul di Jakarta, Selasa, (17/2).


Meski Muhammadiyah tidak berpolitik, ujar dia, namun Muhammadiyah mendorong kader-kadernya untuk berpartai.


“Kehadiran kader Muhammadiyah dalam politik akan membawa warna tersendiri di kancah perpolitikan nasional,” jelas Azrul Tanung.


Beberapa kader muda Muhammadiyah yang dinilai pantas menjabat Sekjen PAN antara lain Imawan Wahyudi, Ali Taher Parasong, Iskandar Sembiring, Nadjamuddin Ramly dan Saleh Daulay. Diharap PAN memperhatikan ini.


Kongres PAN sendiri akan diselenggarakan di Bali, 28 Februari hingga 2 Maret. Kongres tersebut bertujuan memilih Ketua Umum PAN periode 2015-2020.(rol/sp)