Peringati Milad ke 1, PCIM Taiwan Bagikan 1001 Hijab

Taipei – Bertepatan dengan 1 Februari 2015, genap 1 tahun Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan. Guna mensyukuri nikmat Alloh tersebut, PCIM Taiwan membagi-bagi gratis hijab kepada muslim perempuan yg belum berhijab. Kegiatan ini dibalut dalam program Da’wah On The Street (DOTS) edisi ketiga dengan mengambil tema ajakan berhijab. Tema ini diambil dengan memanfaatkan momen 1 Februari yang juga banyak disebut-sebut sebagai Hari Hijab Sedunia (World Hijab Day).
Acara sederhana jauh dari hingar bingar ini dilaksanakan serantak di dua kota besar di Taiwan yaitu Taipei dan Taichung pada tanggal 1 Februari 2015 dan dilanjutkan di Tainan tanggal 8 Februari 2015 sebagai puncaknya. Tak kurang dari 50 orang kader dan keluarga besar PCIM Taiwan yang kebanyakan adalah santri Iqra PCIM Taiwan terjun ke lapangan baik di Taipei dan Taichung untuk berdakwah di jalanan memotivasi sesama muslimah untuk mengenakan hijab.
Koordinator aksi DOTS #3 Taichung, La Ode Abd. Rahman, mahasiswa Keperawatan CTUST Taiwan dan alumnus UMY Yogyakarta dalam keterangannya menyampaikan bahwa tanpa dirasa DOTS #3 ini telah dinanti oleh jamaah. Mereka sering merasa malu untuk mendekat ke masjid, mushola juga majelis ta’lim karena malu dicap alim. Disisi lain mereka sangat butuh sentuhan ruhani. Karenanya, ketika kita meminta mereka membaca satu ayat saja yang telah disiapkan, banyak diantaranya menangis dan bertekad untuk mengenakan hijab. Penggagas program DOTS ini juga menyampaikan kepada seluruh tim tentang rambu-rambu ketika melakukan dakwah di jalanan, diantaranya dakwah Islamiyah ini hanya dilakukan terhadap sesama muslim, tidak boleh ada paksaan, dilakukan dengan santun, dan harus meninggalkan hikmah yang baik.
Lain lagi dengan Susi Hijab, salah seorang santri Iqra PCIM Taiwan yang menjadi tim DOTS #3 Taipei, menyatakan harunya atas penerimaan dan sambutan saudara muslimah se-tanah air yang berada di bumi Formosa. “Ada rasa puas dapat menyiarkan nash meski satu ayat sesuai kemampuan kami. Bahkan sering terharu, saat sasaran dakwah menerima dengan terbuka apalagi saat mereka menitikkan air matanya,” pungkas Susi.
Sebelum aksi DOTS #3 dilaksanakan, Ketua PCIM Taiwan, Adam Jerusalem mengingatkan segenap kader dan keluarga besar PCIM Taiwan untuk senantiasa bersyukur atas nikmat dakwah Islamiyah PCIM Taiwan selama setahun terakhir. Tidak lupa, atas nama PCIM Taiwan, juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kepercayaan jamaah PCIM Taiwan yang senantiasa mengikuti berbagai program PCIM Taiwan baik kajian pekanan, kelas Iqra, juga program sedekah yang dikoordinir oleh Lazis Muhammadiyah (LazisMu) Taiwan. Alhamdulillah, dalam kurun waktu setahun terakhir LazisMu Taiwan telah menyalurkan amanah dari jamaah PCIM Taiwan sebesar lebih dari 160 juta rupiah termasuk program kemanusiaan terakhir, PCIM Taiwan Peduli Banjarnegara (perincian sedekah jamaah bisa dilihat di artikel Spirit Berbagi Ke Sesama: Dari Formosa Untuk Indonesia).
Lebih lanjut, Ketua PCIM Taiwan, menegaskan bahwa DOTS ini hanyalah salah satu metode dalam berdakwah yang dilakukan PCIM Taiwan. Namun saat ini menjadi trade-mark tersendiri di kalangan PCIM Taiwan dan jamaahnya. Khusus DOTS ini, PCIM Taiwan berupaya berdakwah pada ceruk jamaah yang selama ini merasa terpinggirkan oleh beberapa metode dan sarana dakwah lainnya. Harapannya, semoga dakwah Islamiyah secara keseluruhan di Taiwan ini semakin berkembang dan meningkat. Aamiin. (suryaformosa.com)