Moch Sroedji Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional


Jember – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, saat ini tengah berupaya mengusulkan Letnan Kolonel Moch Sroedji menjadi pahlawan nasional.
Sejumlah kegiatan dilaksanakan untuk mendukung upaya itu, yakni napak tilas perjuangan Moch Sroedji pada Minggu (8/2/2015), lomba penulisan artikel mengenai kepahlawanan Moch. Sroedji, dan seminar mengenai Moch Sroedji pada 26 Februari 2015 mendatang.
“Saya kira Moch Sroedji sudah cukup memenuhi syarat menjadi pahlawan nasional. Dia ikon Jember selama ini, dan ditunjukkan dengan patungnya yang berdiri tegak di depan kantor Pemerintah Kabupaten Jember,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Jember, Yudi Hartono.
Yudi meminta publik mendukung usulan itu dan DPRD akan mendukung. “Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial yang punya kewenangan mengusulkan itu. Kami bisa undang dalam rangka mempelajari bagaimana kriteria pahlawan nasional. Perlu ditindaklanjuti kalau itu aspirasi masyarakat,” katanya.
Sebagai ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jember, Yudi juga akan menghubungi fraksinya di DPR RI. “Harapan kami semua fraksi melakukannya,” katanya.(sp/beritajatim)