Kunjungi PP Muhammadiyah, Zulkifli Hasan Mohon Restu Maju Menjadi Ketua PAN


YOGYA – Menjelang berlangsungnya kongres Partai Amanat Nasional (PAN) 28 Februari hingga 2 Maret 2015 mendatang, salah satu calon ketua umum PAN Zulkifli Hasan melakukan silaturahmi ke kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (25/2/2015).


Kedatangan Zulkifli Hasan disambut langsung oleh ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin beserta pengurus PP Muhammadiyah dan pengurus organisasi ortonom Muhammadiyah. Zulkifli Hasan menyatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk mohon restu kepada Muhammadiyah berkaitan dengan akan berlangsungnya kongres.


“Dengan datang ke sini (PP Muhammadiyah) saya meminta dukungan agar kongres dapat berjalan dengan lancar dan tidak muncul perpecahan di PAN, seperti yang terjadi di beberapa partai lain,” ujar Zulkifli Hasan.


Politisi yang juga menjabat sebagi Ketua MPR tersebut menyatakan, mesti terjadi dinamika yang cukup tinggi menjelang kongres, dirinya menyatakan hubungannya dengan Hatta Rajasa tidak ada masalah dan komunikasi masih terjalin dengan baik.


Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin berharap agar kongres PAN dapat berlangsung aman, lancar, sukses, berkualitas, dan bermartabat. Lebih lanjut Din berharap agar kongres PAN menghasilkan program kerja dan pemimpin yang berkualitas.


Meskipun antara Muhammadiyah dan PAN tidak ada hubungan secara resmi, tetapi persepsi di tengah masyarakat mengatakan ada hubungan khusus antara Muhammadiyah dan PAN.
“Kita tidak bisa memungkiri persepsi tersebut, dan pada kenyataanya konstituen terbesar PAN adalah warga Muhammadiyah,” ujar Din.


Karena itu, dia berharap agar PAN tetap menjaga hubungan baik. Warga Muhammadiyah jangan ditinggalkan paska proses pemilihan umum.


“Saya juga memiliki harapan, agar ketua umum PAN kedepannya adalah pribadi yang mampu merawat hubungan baik dengan Muhammadiyah,” tambah pria yang juga menjabat sebagai ketua MUI tersebut. Saat ini Din juga merasakan hubungan antara PAN dan Muhammadiyah semakin jauh.(trb/sp)