Jepang Terbitkan Komik Manga Al-Quran

ilustrasi komik manga jepang

Penerbit Jepang, East Press, baru saja merilis manga adaptasi dari Al-Quran. Judulnya Manga de Dokuha: Koran (Membaca Melalui Manga: Al-Quran). Demikian disiarkan oleh Comic Book Resources pada Senin, 16 Februari 2015.


Buku komik Jepang ini mulai didistribusikan pada Ahad, 15 Februari 2015. Buku ini bagian dari seri Manga de Dokuha, yang menyajikan isi buku-buku terkenal dunia melalui manga.


“Al-Quran adalah dasar kehidupan sehari-hari dan ideologi orang-orang yang percaya pada ajaran Islam. Nama Islam sering terdengar di berita-berita, tetapi karena kita, orang Jepang, tidak terbiasa dengan hal itu, gambaran (muslim) sebagai orang yang berpantang makanan tertentu atau terkait dengan terorisme terus berlanjut,” tulis East Press di situsnya. “Untuk memahami masyarakat internasional modern dan Islam, mari kita coba untuk mendalami kitab sucinya.”


Seri Manga de Dokuha mulai diluncurkan pada 2007 dan menyajikan versi manga dari 133 buku terkenal karya pengarang Jepang dan dunia. Buku-buku populer dari seri ini termasuk versi manga dari Mein Kampf karya diktator Adolf Hitler dan adaptasi Das Kapital karya Karl Marx.


Penerbit ini juga meluncurkan versi manga dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, dua Bible Kristen, pada 2010.(temp/sp)