Jakarta Darurat Banjir, Ahok : Kita Ga Nyangka

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menyatakan sejumlah penyebab mengapa terdapat banjir di banyak titik di Jakarta. Ahok tak menyangka volume hujan hari Senin ini begitu besar.

“Sudah ada early warning system. Kan kita nggak sangka hujannya begitu besar volumenya,” ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (9/2/2015).

Selain itu Ahok juga menyatakan ada persoalan dengan pompa yang digunakan untuk menyedot air. Karena volume air begitu besar, jumlah pompa tidak mencukupi.

“Pompa kapasitas nggak cukup, terus pompanya ngambek ibaratnya sudah mampet. Dia (pompa) terus dari jam 08.00 WIB malam terlalu panas dia nggak kuat lagi. Itu yang menyebabkan pompa kurang langsung kerendam protokol,” ujar Ahok.

Ahok menyebut selain curah hujan yang tinggi, genangan air juga disebabkan oleh adanya rob. Suami Veronica Tan tersebut meminta agar pompa-pompa bisa segera diservis.

“Servis. Tapi intinya rob mesti diberesin sama di Utara ini mesti pasang pompa besar. Sekarang posisi kita kan di bawah muka laut, jadi nggak mungkin kalau hujan semua nggak bisa dipompa keluar terus airnya rob masuk ke tanggul belum siap karena pompa trus air laut kan mutar terus ini. Nah ini nggak bisa turun, itu yang terjadi,” kata Ahok.