Berhenti, Din Syamsudin Siap Pimpin Cabang Muhammadiyah

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menegaskan, ia tidak akan mencalonkan diri lagi menjadi ketua umum PP Muhammadiyah. Alasannya, ia sudah dua kali menjabat sebagai orang nomor satu di organisasi tersebut.
Din mengatakan, Muhammadiyah membatasi anggota menjadi ketua umum untuk dua periode. Artinya, anggota yang sudah menduduki jabatan ketua umum dua periode berturut-turut tidak bisa lagi menduduki jabatan yang sama untuk ketiga kalinya.
“Saya memutuskan tidak akan maju lagi, baik sebagai ketua umum PP Muhammadiyah, tapi bisa jabatan lainnya di PP Muhammadiyah,” ujarnya di Kampus UMY, Yogyakarta, Rabu, 4 Februari 2015.

Din mengatakan, setelah tak lagi menjadi ketum PP Muhammadiyah, ia berpikir untuk mengajar di luar negeri.

“Tapi saya juga bersedia menjadi Ketua Cabang Muhammadiyah di wilayah tempat tinggal saya, karena belum ada kepengurusannya,” ujar ketua Majelis Ulama Indonesia ini .

Ia menjelaskan, pada Muktamar ke 47 di Makassar bulan Agustus 2015 mendatang akan terpilih pengurus yang muda-muda. Menurut dia, di Muhammadiyah banyak tokoh muda yang berpotensi memimpin Muhammadiyah.

“Tapi sebagai ketua umum saat ini saya tidak boleh berkampanye mencalonkan seseorang menjadi Ketum PP Muhammadiyah,” ujarnya menerangkan.

Lebih jauh Din mengatakan, dari 150 hingga 200 calon ketum dan ketua PP Muhammadiyah nantinya oleh panitia tanwir akan dipilih 39 nama dan akan dipilih lagi menjadi 13 nama ketua PP Muhammadiyah.

“13 nama itu yang nantinya akan dipilih salah satunya menjadi Ketum PP Muhammadiyah.” (sp/tribbun)