Seribu Pelajar Muhammadiyah Ikuti Manasik Haji

Kulonprogo – Seribu pelajar sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah se-Kulonprogo mengikuti kegiatan outdoor learning Manasik Haji 2015. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Alun-alun Wates ini untuk meningkatkan pemahaman agama dan ibadah di kalangan para siswa. Salah satu panitia kegiatan ini, Alip Mulyono mengatakan, selama ini pelajar lebih banyak belajar pendalaman teori. Dengan media pembelajaran di ruang kelas seperti ini, mereka bisa mempraktikkan teori yang didapat. “Anakanak juga lebih fresh (segar), dan semoga mereka bisa memahami praktik haji yang sebenarnya,” ucap Alip, kemarin. 
Manasik haji tersebut diikuti 1.000 pelajar dari 48 SD/MI Muhammadiyah yang ada di Kulonprogo. Pelaksanaan kegiatan juga dipandu dari KBIH Aisyiyah Kulonprogo. Sementara itu, salah satu pelajar yang ikut serta manasik haji, Hafiz Prabowo mengaku senang dengan kegiatan ini. 

Sebagai umat muslim dia bisa mempelajari tahapan dan rukun ibadah haji dengan praktik di lapangan. “Senang dan semoga nanti bisa naik haji,” ujar pelajar kelas VI ini. (sp/sindo)