RON 88 di Amerika dan RI Ternyata Beda

Jakarta -Pengusaha SPBU mengklaim bahwa Indonesia bukan satu-satunya pengguna bensin RON (Research Octane Number) 88, tapi ada juga negara lain seperti Amerika Serikat dan Kanada. Namun ternyata RON 88 di sana sangat berbeda.
Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi Faisal Basri mengatakan, RON di Amerika Serikat artinya adalah AKI (Anti Knock Index) yang menunjukkan informasi terkait oktan suatu bahan bakar.
“Jadi RON 88 di Indonesia itu beda sekali dengan RON 88 di Amerika atau Kanada, di sana itu AKI,” ucap Faisal kepada detikFinance, Sabtu (3/1/2015).
Faisal menjelaskan, AKI tersebut perhitungannya RON ditambah MON (Machine Octane Number) lalu dibagi dua, sehingga kualitas bahan bakar RON 88 di Amerika Serikat dan Kanada setara RON 92.
“Jadi RON 88 atau RON 87 di Amerika atau Kanada itu setara dengan RON 91-92. Makanya, Tim ini meminta Pertamina untuk menghentikan impor RON 88, karena di pasar minyak nggak ada barang itu,” tutup Faisal.
Sebelumnya, Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi mengatakan, masih banyak negara yang masih menggunakan bahan bakar RON 88 seperti Indonesia.
“Yang pakai RON 88 itu nggak hanya Indonesia saja, Kanada justru pakai RON 87 dan Amerika pakai RON 88, mereka gampang-gampang saja cari RON 88,” kata Eri. (sp/detik)