Home Kabar Persyarikatan Pengajian Ahad Pagi Muhammadiyah Jember

Pengajian Ahad Pagi Muhammadiyah Jember



Jember – Diiringi cuaca cerah pagi, PDM Kabupaten Jember pada hari Ahad (11/1) kemarin melaksanakan Pengajian Ahad Pagi di halaman Kantor PDM Jember. Bertindak sebagai pengisi kajian adalah KH. Basuki Rohani ketua PDM Kabupaten Bondowoso.


KH. Basuki Rohani dalam kajian pagi itu mengangkat tema tentang upaya memanfaatkan umur dengan kalkulasi yang Allah SWT ridhoi. Dalam mukadimah kajiannya, KH. Basuki menyitir ayat di dalam al-Qur’an, “Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim [14]:34).


Kenikmatan yang sering dilupakan manusia adalah ketika diberi umur panjang dan kesehatan. Bagaimana kita bersyukur atas nikmat umur dan sehat yang telah Allah berikan? 

Sesungguhnya menurut beliau, yang kita upayakan adalah dengan mengukur kualitas serta bobot umur kita. Tolok ukur dari itu semua menurut KH. Basuki ada 3 hal. Yang pertama, apakah selama hidup ini hidup kita penuh keberkatan. Dimana keberkatan itu bisa dilihat apakah selama kita hidup ada manfaatnya bagi sesama. Kemudian yang kedua menurut beliau, apakah selama diberi kesempatan hidup ini kita merasakan nikmat pada keberkatan hidupnya. Jangan-jangan kita hidup tapi tak merasakan nikmat yang diberikan Allah SWT. Dan yang ketiga adalah selalu mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada kita.


Dalam pengajian yang dihadiri ratusan warga muhammadiyah ini, juga dihadiri oleh tokoh-tokoh Muhammadiyah Jember seperti Ketua PDM Kab. Jember Dr. Kasman, MPhil serta Rektor Unmuh Jember Dr. Aminullah El Hady.


Kajian yang diselingi candaan khas KH. Basuki Rohani ini berakhir pada pukul 07.30 WIB.(magh/sp)