Pemred dan Kartunis Karikatur Nabi Muhammad di Perancis Mendapat Serangan Tembakan

Perancis – Pemimpin redaksi (Pemred) dan kartunis-kartunis media Charlie Hebdo merupakan beberapa dari 12 korban tewas dalam serangan yang dialami koran mingguan penyindir itu oleh pria-pria bersenjata di Paris, Rabu (7/1) demikian diungkapkan sumber peradilan Prancis.

Pemred Charlie Hebdo, Stephane Charbonnier, yang dikenal sebagai Charb, serta kartunis-kartunis yang masing-masing dikenal dengan Cabu, Tignous dan Wolinski tewas dalam serangan tersebut.

Koran mingguan itu dikenal karena berkali-kali memuat karikatur Nabi Muhammad, dikutip dari Antara, Rabu (7/1).

Lembaga kontra terorisme AS menilai sejumlah kelompok ekstrimis Islam berada dibalik aksi penembakan terhadap media Prancis Charlie Hebdo.

Lembaga ini menyebut jika ISIS dan Alqaidah mempunyai kemungkinan besar sebagai dalang dibalik aksi ini.

Kemungkinan itu muncul karena sebelumnya Chalie Hebdo sempat berkicau melalui akun Twitternya mengenai ISIS. Akun itu mengunggah  gambar kartun bertuliskan selamat tahun baru kepada pimpinan ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi.

Selain itu media yang berkantor di kota Paris ini juga sempat menerbitkan edisi khusus yang memuat kartun Nabi Muhammad. Dan penerbitan ini membuat Charlie Hebdo mendapat serangan pada Nobember 2011.(rol/sp)