Pemain Futsal Berhijab Indonesia Berhasil Cetak Gol ke Malaysia

JAKARTA – Universitas Neger Jakarta (UNJ) berhasil menyelematkan muka Indonesia di ajang AFF Club Futsal Championship 2015. Tampil di bagian putri UNJ menjadi satu-satunya tim yang menuai kemenangan saat membekuk tim Malaysia, Felda United 3-1. 

Dalam pertandingan yang digelar di Istora Senayan, Jumat (16/1/2015) malam, kemenangan yang diperoleh UNJ ini terbilang luar biasa. Pasalnya ini adalah turnamen internasional pertama yang mereka ikuti. Sebenarnya hal yang sama juga diakui oleh Felda. 

“Ini pertama kalinya Felda main di luar liga kebangsaan (lokal). Ini perjuangan terberat bagi Felda. Melawan UNJ ini sangat berat. Kami mengakui UNJ sangat hebat. Saya akan menganalisa pertandingan hari ini sebagai pembelajaran. Kami gugup, saya merasa gugup,” kata pelatih Felda, Masri Bin Mohd Bin Jam. 

Bagi UNJ, meskipun tim baru kali pertama ikut kompetisi AFF Club Futsal, namun sejumlah pemainnya pernah memperkuat tim nasional futsal putri. Oleh karenanya, pelatih UNJ, Nur Fitranto mengaku belum puas setelah melihat anak asuhnya tampil. “Saya kurang puas, karena dari segi strategi, beberapa tidak berjalan dengan baik,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Nur mengatakan timnya perlu berbenah di lini bertahan. Setelah unggul tiga gol, UNJ dianggap kehilangan konsentrasi dan gagal menjaga rekor clean sheet (tidak kebobolan dalam pertandingan). “Felda punya shooting yang sangat bagus, kami mewaspadai hal itu,” Kata Nur.

Dalam pertandingan itu, UNJ berhasil menekuk Felda setelah sepakan Rani Mulya Sari (2), Maya Muharina (28) dan Nur Fajriah (35) merobek gawang wakil Malaysia yang dijaga Nurul Atiqa Binti Zaifulizan. Maya Muharina merupakan pemain berhijab yang punya prestasi menawan. Adapun gol hiburan Felda dicetak Farah Najihah Binti Abdul Aziz pada menit ke-38.

Kemenangan UNJ ini merupakan kemenangan pertama wakil Indonesia di ajang AFF Club Futsal Championship 2015. Sebelumnya wakil Indonesia lain, UPI Bandung ditekuk Thai Son Nam (2-4), dan IPC Pelindo II ditahan imbang Hai Phuong Nam (Vietnam) dengan skor 2-2. (sp/sindonews)