Muhammadiyah Salah Satu Kontributor Pajak Terbesar di Indonesia


SEMARANG – Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang AM Jumai menyatakan Muhammadiyah adalah organisasi masyarakat (ormas) yang jadi kontributor pajak terbesar. Ia menyebut puluhan ribu unit usaha Muhammadiyah selalu membayar pajak tepat waktu.

“Semua unit usaha Muhammadiyah atas nama persyarikatan Muhammadiyah dan semuanya taat membayar pajak,” katanya pada wartawan, .

Ia menyebut sekolah Muhammadiyah, dari tingkat dasar (SD) hingga menengah atas (SMA) jumlahnya mencapai 7.307 unit dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) 168 buah. Rumah sakit atau balai pengobatan sebanyak 389 unit. Jumlah BPR 1.673, masjid 6.118 buah, dan mushala 5.080 buah dan kesemuanya taat membayar pajak.

Ia meyakini bahwa ummat Islam sangat taat dengan pemimpinnya yang adil, sehingga tak perlu melakukan boikot pajak. Namun bila dirasa para penguasa negeri ini tidak adil dan tidak amanah dalam pengelolaan uang rakyat maka sudah sewajarnya umat Islam untuk tidak wajib lagi membayar pajak.

Menurutnya, sebagai ormas Islam dan sebagai kontributor pajak terbesar, Muhammadiyah yang lahir sebelum Republik ini terbentuk harus mampu dijadikan tauladan terhadap ketaatan terhadap kewajiban membayar pajak.(tribbun/sp)