Mengenal Lebih Dekat Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus

Nama Lembaga : Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus
Alamat : KHR Asnawi Lemah Gunung Krandon
Kudus
Telepon : ( 0291 ) 445279 / 445280
Kode Pos : 59314
Propinsi : Jawa Tengah
Tahun Perintisan : 1990
Tahun Pendirian  : 2001
Status : Milik Persyarikatan Muhammadiyah
Luas Tanah : 3201 M2
Luas Bangunan : 3000 M2
Mukadimah:
Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus berdiri tahun 2001. Dan sebagai embrionya, sejak tahun 1990 telah berdiri Pesantren SMA Muhammadiyah Kudus. Yang kemudian menjadi Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus. Hal ini dilatar belakangi oleh;
1. Semakin langkanya kader ulama yang serius dalam menekuni ilmu-ilmu ke-Islaman.
2. Keputusan Musyawarah Daerah Muhammadiyah tahun 2000 yang mengamanatkan Pendirian Pondok Pesantren Muhammadiyah sebagai wujud peningkatan kualitas Pendidikan menuju pembentukan sekolah kader.

Saat ini, Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus mengelola dua tingkat satuan pendidikan, yaitu Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah, yang saat ini keduanya terakreditasi A dan kedua tingkat satuan pendidikan ini menyatu (integreted) dan tidak terpisahkan dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren.
Visi:
Membentuk Insan Yang Faqih dalam Ilmu, Mulia dalam Akhlaq dan Prima dalam prestasi
Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus bertekad mencetak generasi muslim yang :
  1.   Faqih dalam ilmu
  2.   Mulia dalam akhlaq
  3.   Prima dalam prestasi
Misi:
  1. Tercapainya hasil belajar siswa yang selalu meningkat baik dalam kegiatan ulangan harian, tugas dan semester
  2. Tercapainya nilai ujian Nasional yang tinggi baik secara perorangan maupun secara kelembagaan
  3. Terbentuknya akhlaq siswa yang baik pada orang tua, guru, teman dan masyarakat
  4. Tercapainya prestasi yang baik dalam kegiatan ekstra kurikuler seperti: Hizbul Wathan, Tapak Suci, Komputer, Qiro’atul Qur’an, Tahfidzul Qur’an dan lain-lain
  5. Tercapainya prestasi siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris dan Bahsa Arab
  6. Tercapainya harapan siswa dan madrasah menjadi teladan bagi lingkungan baik perorangan maupun kelembagaan
  7. Membentuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, berdisiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan serta beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah Swt
Tujuan:
Terselenggaranya Pendidikan yang unggul dalam membentuk kader ulama, pemimpin dan mubaligh yang mendukung pencapainan tujuan Muhammadiyah yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
Model Pembelajaran:
Pembelajaran di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus diseimbangkan antara dasar-dasar ilmu ke-lslam-an dengan pengetahuan dasar keilmuan. Pengembangan kurikulum dilakukan sedemikian rupa secara inovatif menuju visi, misi, dan tujuan Pondok. Kurikulum tersebut dikemas dalam bentuk:
  1. Struktur pembelajaran Ilmu Agama yang seimbang antara teori dan praktek, dan dipadukan dengan pembelajaran ilmu umum. Untuk memperkuat ini, dikembangkan pula kegiatan pengembangan bahasa asing (Arab/Inggris)
  2. Penguatan implementasi dasar-dasar ilmu ke-lslam-an dan kejuangan/kekaderan dengan proses pendampingan dan praktek langsung sehingga dapat menunjang pembentukan karakter pribadi unggul
  3. Long life Education yang dilakukan di maskan/asrama dengan pendekatan uswah (keteladanan), kegiatan ilmiah, keterampilan, dan kepemimpinan.
Kegiatan Siswa/Santri:
Dalam menunjang pelaksanaan model pembelajaran, Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus mengembangkan berbagai macam kegiatan santri berupa:
  1. Bimbingan AI-Qur’an, melalui pembelajaran tahsin wa tahfidul Q.ur’an, seni Qiro’ah, seni kaligrafi, dan kajian Tafsir (Qiroatul Kutub).
  2. Ihya’us sunnah, yaitu kegiatan penghidupan amalan sunnah seperti: sholat sunnah rawatib, puasa sunnah, pembiasaan dzikir, dan lain-lain.
  3. Bimbingan Keterampilan Bahasa Asing (Arab/lnggris), yaitu kegiatan pendampingan keterampilan dan kemampuan bahasa asing melalui kegiatan pemberian mufrodat/vocabulary, Muhawarah, Muhadarah, dan lain-lain.
  4. Bimbingan Mata Pelajaran, yaitu pendampingan kegiatan belajar harian (Muroja’ah), Karya Tulis Ilmiah, dan dll.
  5. Bimbingan Kekaderan dan Kepemimpinan, yaitu kegiatan pendampingan nilai-nilai dasar Kemuhammadiyahan dan kepemimpinan, berupa pembinaan IRM (Ikatan Remaja Muhammadiyah), Hizbul Wathan (HW), Tapak Suci (TS), Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Silaturahmi Tokoh Muhammadiyah, dll.
  6. Bimbingan Keterampilan Dakwah, yaitu kegiatan pendampingan, Praktik Dakwah Lapangan (PDL), Mubaligh Hijrah, Kultum Ba’da Sholat, Bakti Sosial, dll.
  7. Bimbingan Keterampilan Minat Bakat, yaitu kegiatan pendampingan ekstra-kulikuler berupa Elektro, Komputer, Qiro’ah, Nasyid, Kaligrafi , Keputrian ( Tata busana, tata boga, baki lamaran ) dan kegiatan Olahraga ( Sepakbola, Bulu Tangkis , tenis meja).
Jadwal Kegiatan Santri:
Kegiatan santri terkoordinir dan terjadwal secara tertib mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Kegiatan santri dapat dilihat dalam jadwal di bawah ini:
  1. 03.30 – 05.30 Shalat malam, Shalat Shubuh dan Tadarrus
  2. 05.30 – 07.00 Kebersihan, Sarapan dan Mandi
  3. 07.00 – 11.30 KBM Klasikal
  4. 11.30 – 12.15 Istirahat Shalat Dhuhur
  5. 12.15 – 13.30 KBM Klasikal
  6. 13.30 – 15.00 Istirahat dan Makan Siang
  7. 15.00 – 15.30 Shalat Ashar
  8. 15.30 – 17.00 Ektrakurikuler/ Rekreatif
  9. 17.00 – 18.00 Mandi
  10. 18.00 – 19.30 Shalat Maghrib, Pelajaran Malam, Shalat Isya’
  11. 19.30 – 20.00 Makan Malam
  12. 20.00 – 21.30 Belajar Terbimbing
  13. 21.30 – 04.00 Isirahat Malam
Tenaga Pengajar:
Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus dibina oleh para praktisi pendidikan lulusan dari: PUTM (Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah), Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dengan kualifikasi pendidikan S1 dan S2
Sarana:
Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus memiliki sarana yang cukup memadai antara lain:
  1.   Masjid
  2.   Ruang kelas yang memadai
  3.   Asrama putera dan puteri terpisah
  4.   Laboratorium (Komputer, Internet, Bahasa, IPA)
  5.   Kelas Multimedia
  6.   Perpustakaan Digital
  7.   Lapangan Olahraga
  8.   Koperasi Pondok Pesantren
  9.   Ruang Ketrampilan ( Menjahit dan elektronika )
  10.   Poskestren dan Jaminan kesehatan
  11.   Hot spot area