Mahfud MD : Gus Dur dan Menteri Susi Memiliki Kesamaan

JAKARTA — Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengatakan ada kesamaan mendasar antara mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

“Dalam haul Gus Dur ke 5 semalam, saya undang Menteri Kelautan Susi. Gus Dur dan Susi punya kesamaan visi tentang Laut sebagai sumber kesjahteraan rakyat,” tulisnya dalam akun twitter pribadinya, Kamis (8/1).

Ia menjelaskan Gus Dur ada presiden yang membentuk departemen kelautan dengan mengangkat Sarwono, kemudian Rohmin sebagai Menteri Kelautan. Susi Pudjiastuti sekarang melanjutkan tugas tersebut.

Mahfud pun memuji kinerja Susi selama ini. Menurutnya, Susi adalah sosok yang sangat berani bertindak dengan fokus yang sangat jelas.

“Yang menarik dan jadi fenomenal pada Susi adalah: dia sangat berani bertindak dengan fokus yang jelas: sikat dan perangi illegal fishing demi rakyat,” katanya.

Ia juga menilai Susi adalah pejabat yang tak suka berdebat dan bertele-tele tentang kebijakan. Susi, lanjutnya, langsung bekerja. Kebijakannya pun bekerja secara fokus, tegas, dan berani.

“Soal ilegal fishing adalah soal yang sudah lama diketahui oleh publik. Tapi Susi yang berani melakukan tindakan tegas memeranginya,” puji Mahfud.

Selain Susi, hadir pula Jaya Suprana, Laode Kamaluddin, Rohmin Dahuri. Tak hanya itu, ada pula Yenny Wahid, Alwi Shihab, Fahri Hamzah.

“Semuanya berbicara tentang Gus Dur terutama visinya terkait kelautan dan kemaritiman,” tulis Mahfud. (rol/sp)