Kongres Umat Islam Indonesia Akan Digelar di Jogjakarta

Yogyakarta akan menjadi tuan rumah Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsudin mengatakan KUII VI akan digelar pada 8-11 Februari mendatang.

“KUII di Yogyakarta pada Februari nanti untuk membahas semua permasalahan umat Islam di Indonesia,” kata Din di Gedung MUI, Jakarta, Kamis (8/1).

Din mengatakan, KUII VI bertujuan untuk memperkokoh persatuan umat Islam demi mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara. KUII juga menjadi ajang konsolidasi, koordinasi dan evaluasi gerakan pemberdayaan ekonomi serta peran aktif umat Islam dalam menyejahterakan rakyat.

“Kita juga akan membahas dan merumuskan langkah-langkah strategis umat Islam dalam konteks perkembangan politik, ekonomi dan sosial budaya,” ujar Din.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsudin menilai, umat Islam saat ini terkesan menjadi entitas yang tertinggal dalam segala bidang kehidupan. Baik bidang ekonomi, teknologi, hingga masalah politik.

Menurutnya, umat Muslim membutuhkan instrument gerakan yang integral. sehingga mampu mengakomodir kepentingan Islam di Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karenanya, Din berharap Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII  dapat menyelesaikan dan membangun Islam yang lebih kuat di Indonesia.

Pada kongres KUII nanti, Din mengatakan akan membahas seluruh permasalahan yang tengah terjadi pada umat Muslim di Indonesia. Din mengungkapkan, dalam kongres nanti, ia dan tokoh ormas Islam lainnya juga akan membahas bagaimana cara penguatan peran politik, ekonomi dan sosial budaya umat Islam untuk Indonesia yang berkeadilan dan berperadaban.

“Diharapkan setelah ini, umat Islam kuat diberbagai bidang di Indonesia,” kata Din.(rol/sp)