Kisruh Soal Kapolri, Hasil Survei Publik Menilai Jokowi Tidak Tegas

JAKARTA — Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mencatat mayoritas publik yaitu sebesar 63,50 persen merasa khawatir munculnya ‘matahari kembar’ di kepolisian.

Peneliti LSI, Ardian Sopa mengatakan, matahari pertama adalah Plt kepala kepolisian Republik Indonesia (kapolri) Komjen Badrodin Haiti.  Sedangkan matahari kedua adalah Komjen Budi Gunawan yang sudah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai kapolri dan menunggu pelantikan.

Untuk itu, masyarakat meminta supaya Jokowi diharapkan secepatnya menetapkan kapolri definitif. Semakin cepat kapolri dilantik maka semakin baik.

Apalagi berdasarkan pemaparan hasil survei LSI bertema ‘Matahari Kembar Kapolri?’, di Jakarta, sebanyak 58,3 persen responden menilai itu buruk juga bagi citra ketegasan seorang presiden. Sebenarnya, kata dia, keputusan apapun yang diambil mantan Gubernur DKI Jakarta itu tentu menimbulkan pro dan kontra, tetapi suka tidak suka Jokowi tetap harus menetapkan definitif.

pengumpulan data survei kali ini dilakukan 17-18 Januari 2015 dengan menggunakan telepon pintar LSI, sehingga lebih efisien dan cepat dalam mengumpulkan data. Adapun metode sampling adalah multistage random sampling. Survei ini dilengkapi dengan riset kualitatif yaitu diskusi grup (FGD) di tujuh ibu kota provinsi terbesar, tanya jawab secara mendalam, dan analisis media sosial.

“Sementara jumlah responden 1.200 orang di 33 provinsi dengan tingkat kesalahan (margin of error) 2,9 persen,” katanya.(rol/sp)