IMM Jawa Timur Lakukan Aksi Unjuk Rasa #SaveKPK Didepan Grahadi

Surabaya – Puluhan massa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Timur berunjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (26/1/2015). Massa mendesak pengembalian fungsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai lembaga penegak hukum tanpa dilibatkan dalam kepentingan politik praktis.
“Beberapa isu yang berkembang saat ini telah menjebak KPK tak lagi independen,” kata Tri Ajiwahyudi. Isu keterlibatan Abraham Samad dalam proses pemilihan presiden adalah salah satu contohnya.
Tak hanya itu, selain independensi KPK yang kini mulai diusik, penangkapan Bambang Wijoyanto juga telah menjadikan lembaga ini menjadi korban kriminalisasi.
Karenanya, dalam aksi ini, massa minta presiden segera turun tangan untuk segera mengembalikan KPK sebagaimana fungsinya yaitu sebagai penjaga garda terdepan pemberantasan korupsi.
“Ketidakberdayaan Jokowi dalam menangani persoalan KPK dan Polri adalah bukti banyaknya tekanan dari lingkaran partai maupun pendukungnya dalam pilpres lalu,” kata dia.
Sementara itu, dalam aksi kali ini, selain melakukan orasi bergantian, massa juga mengenakan aneka topeng diantaranya adalah topeng Joko Widodo dan topeng Komjen Budi Gunawan. Mereka juga membawa aneka poster diantaranya bertuliskan “Jasmerah, Jokowi Takut Mega Marah”.
Aksi sendiri tak sampai menggangu arus lalu lintas karena mereka menggelar di pinggir trotoar di bawah Patung Gubernur Suryo. (suarasurabaya)