Hotel Zodiak Ganti Logo Yang Diduga Lafaz Allah Terbalik

BANDUNG – Setelah sempat didemo puluhan warga beberapa waktu lalu terkait logo Hotel Zodiak yang kontroversial, akhirnya manajemen Hotel Zodiak Sutami memutuskan untuk mengganti logo hotel. Nantinya logo hotel juga tetap menggunakan zodiak bintang Virgo.


“Logonya keputusannya tetap rasi bintang Virgo, tapi dengan lambang yang berbeda, yang sudah dimodifikasi,” ujar Hotel Manager Hotel Zodiak Sutami Angga Nuryanto dalam jumpa pers kepada wartawan di Hotel Zodiak, Jalan Prof Dr Sutami, Kota Bandung, Rabu (21/1).


Dikatakan Angga, keputusan penggantian logo ini sebagai solusi untuk menengahi keluhan warga terkait logo yang dianggap menghina agama Islam. Pasalnya, logo Virgo yang dipasang oleh Hotel Zodiak ini dianggap menyerupai lafaz Allah yang terbalik.


“Demi kepentingan bersama kita copot dulu, kejadian kemarin kita terima dan bersama-sama mencari solusinya,” ujar Angga.


Ia juga menampik jika pemasangan logo tersebut memang dimaksudkan untuk menghina agama Islam. Pasalnya, pihaknya manajemen merasa logo yang terpasang sudah mengikuti standar dan tidak ada yang dilebih-lebihkan.


“Logo yang kemarin terpasang, itu standar universal. Begitu pun saat membuka literasi, yang terpasang kemarin itu sudah umum. Tidak ada niatan yang terlintas untuk membalikkan lafaz Allah,” kata Anggar


Meski begitu, pihaknya juga tetap mengikuti kesepakatan dengan warga yang tergabung dalam Barisan Tatar Bojonegara (Batara) yang membawa masalah ini ke MUI Kota Bandung. Menurutnya, mereka bersepakat menindaklanjuti logo menunggu keputusan Fatwa MUI.


“Sudah terjadi kesepakatan antara masyarakat sekitar dan Zodiak hotel, keputusannya akan keluar setelah 7 hari kerja, makanya sebelum keluar kita coba islah dulu,” ujarnya.(sp/rol)