Amien Rais Berharap Zulkifli Hasan Terpilih Sebagai Ketua DPP PAN

SURABAYA–Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menjatuhkan dukungan kepada Zulkifli Hasan untuk maju sebagai kandidat Ketua Umum PAN. Meski begitu, Amien juga menginginkan Hatta menggantikannya sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP).
“Syukur-syukur terpilih secara aklamasi, Pak Zul jadi Ketua Umum, Pak Hatta kita muliakan sebagai Ketua MPP,” ujar Amien.   
Pilihan Amien jatuh kepada Zulkifli dengan sejumlah pertimbangan. Pertimbangan pertama, menurut Amien, PAN butuh regenerasi. Sementara itu, menurutnya, Zulkifli merupakan sosok yang paling siap. 
“Kalau saya ditanya siapa yang akan terpilih, saya menjawab pakai intuisi, Pak Zul ini akan dimenangkan oleh Allah,” ujar Amien di depan ratusan kader PAN di Surabaya, Senin (19/1).
Amien mengaku mengenal sosok Zulkifli sebagai loyalis PAN teladan. “Saya amati, yang paling banyak infaqnya untuk partai ya, Pak Zul ini,” ujar Amien disambut riuh hadirin.
Selain itu, pertimbangan lain, menurut Amien, adanya sejumlah keluhan terhadap sosok petahanan Hatta Rajasa selama memangku jabatan. Amien mengaku mendengar dari sejumlah kader, Hatta kurang merangkul kader.
Alasan lain, seperti sering disampaikan Amien, ia ingin mendorong budaya satu kali memimpin di dalam PAN. Untuk itu, ia siap meletakan jabatannya sebagai Ketua MPP dan menyerahkannya kepada Hatta Rajasa.