” Test The Water ” Terhadap Ummat Islam


Kasus Menteri Anies Baswedan tentang kebijakan Tata Tertib berdoa di sekolah, kemudian publik bereaksi keras antara lain Ustadz Yusuf Mansyur dan Bendahara PP Muhammadiyah Anwar Abbas, lalu akhirnya Menteri klarifikasi dan ngeles itu hanya wacana, semakin menguatkan dugaan berbagai pihak kalau Umat Islam sedang mengalami ‘Test The Water’. Sejauh mana reaksi umat Islam terhadap kebijakan. Kalau diam, maka kebijakan dilanjutkan. Kalau berekasi keras, maka tinggal klarifikasi dan bilang ‘itu hanya wacana’.

“Test case seperti melempar batu ke dalam air seberapa riak ummat ini. Satu-Satu. Ada tesa-antitesa, aksi-reaksi, sebab-akibat,” ujar bu Wirianingsih Mutammimul Ula melalui akun twitternya @wirianingsih, Selasa (10/12/2014).

Tras Rustamaji (@rustamaji), seorang konsultan IT, juga menyatakan serupa:

1. Sudah makin kentara polanya. Mereka sedang melakukan “test the water” thd umat Islam.

2. Mereka membuat ‘kebijakan’, kalau para ulama kalem, kebijakan lanjut. Kalau ulama teriak tinggal ngeles ‘wartawan salah nangkep! gak gitu’.

3. Dulu pas umat di #testTheWater dgn pelarangan takbir, ulama kalem. Akhirnya jadi deh itu kebijakan jalan.

4. Ingat #testTheWater perubahan dari pakaian muslim ke pakaian encim di sekolah (DKI)? umat protest, mereka ngeles ‘itu cuma gosip! gak ada rencana’.

5. Dan, kalau ust. @Yusuf_Mansur  nggak teriak, mereka nggak akan ngeles kayak gini.

6. Kita siap-siap aja sepanjang 5 tahun di#testTheWater. qurban & adzan dilarang, khotbah diatur, iman masjid mesti sertifikasi, dll.

“Iya persis spt rncana pnghapusan kemenag. Angkat isu lalu lihat reaksi tokoh2 “kunci”. Kl dtolak ngeles kl diam ya bablas,” tambah @surodilagan.

Maka menjadi tugas publik dan terutama para ulama untuk terus ‘hadir’ tidak berdiam.

“Ulama harus ada di setiap masa, mengikuti jejak para Nabi dan Rasul yg dihadirkan Tuhan Maha Pencipta agar manusia selamat sampai tujuan,” demikian ungkap ibu Wirianingsih.

Sementara itu hal yang sama juga diungkapkan oleh Anggota Majelis Tarjih Tajdid PP Muhammadiyah Ustadz Fahmi Salim. MA dalam akun twitternya @fahmisalim2 bahwa apa yang terjadi dalam kasus tata cara doa yang digulirkan oleh Mendikbud Anies Baswedan adalah bagian ” testing the water ” terhadap ummat islam , modus seperti ini menurut ustadz Fahmi Salim juga sejak lama sudah disinyalir oleh Tokoh Pendiri Muhamamdiyah  KH Ahmad Dahlan .

Mungkin skema kebijakan publik seperti ini
KEBIJAKAN —> UMAT DIAM —> REALISASI
KEBIJAKAN —> UMAT PROTES —> TINGGAL NGELES (sp)