Terungkap, Identitas dan Sepak Terjang Abu Jandal al Yamani

Video yang diunggah pria bernama Abu Jandal al Yamani al Indonesi menghebohkan masyarakat Indonesia karena menebar ancaman pada kepolisian, TNI, hingga ormas kepemudaan Ansor NU. Siapa sebenarnya Abu Jandal?
“Ia adalah Salim Mubarok at Tamimi atau yang lebih dikenal dengan panggilan Salim Penceng kelahiran Pasuruan, Jatim dari keluarga turunan Arab Yaman Bani at Tamimi,” ungkap pemerhati kontraterorisme Harits Abu Ulya, Sabtu (27/12/2014).
Direktur The Community of Ideological Islamic Analyst (CIIA) ini mengungkap dokumen tentang Abu Jandal secara gamblang. Sebelum pergi ke Suriah, Harits menilik keberadaan Abu Jandal di Malang. Ia mengontrak sebuah rumah di daerah Ijen, Malang.
“Pria yang tidak tamat sekolah dasar ini punya dua orang istri dan lebih dari lima orang anak. Kesehariannya ia serius berjualan madu dengan membuat label sendiri,” cetus Harits.
Sebelum ke Suriah, Abu Jandal pernah juga ke Yaman bergabung bersama AQAP, organisasi sayap Alkaidah di Yaman. Dari Yaman, jejaknya terlihat beberapa kali masuk di perlintasan Turki-Suriah.
Kemudian Abu Jandal balik ke Indonesia dan kembali ke Suriah di pertengahan tahun 2013 bersama sekitar delapan orang yang ingin bergabung di kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).
“Ia sempat balik lagi ke Indonesia, kemudian berangkat bulan Maret sebelum Ramadhan 2014  bersama seorang anaknya dengan rombongan yang berjumlah 20 orang,” papar Harits. (sp/republika)