Prof. Din Syamsuddin Terima Penghargaan Lifetime Achievement di Tiongkok

Ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menerima penghargaan Lifetime Achievement Award for Religion and Culture Development atau Anugerah Prestasi dalam Bidang Pengembangan Agama dan Kebudayaan.

“Penghargaan diberikan pada The 6th World Chinese Economic Forum di Chongqing Tiongkok,” kata Din melalui siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Kamis (4/12/2014).

Din mengatakan forum ini adalah acara dunia yang diadakan setahun sekali dan dihadiri tokoh etnis Tionghoa dari seluruh dunia dan berbagai tokoh mancanegara lainnya.

“Forum dibuka Wakil Presiden Tiongkok Li Yuan Chao dan dihadiri 500 tokoh Tionghoa seluruh dunia,” katanya.

Penghargaan diberikan karena Din dianggap berjasa mengembangkan kehidupan beragama dan kebudayaan baik dalam negeri maupun luar negeri seperti di Mindanao Filipina dan Patani Thailand.

Din mengatakan ini merupakan penghargaan keempat yang diterima di luar negeri setelah sebelumnya menerima penghargaan dari Yordania, Italia, dan Malaysia.

“Ini anugerah Allah yang perlu disyukuri walaupun apa yang saya lakukan selama ini untuk perdamaian, peradaban, dan kemanusiaan baru sedikit,” katanya.

Pada kesempatan itu mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga menerima penghargaan Special Benevolent Leadership Award atas kepedulian mengembangkan peradaban dunia dan kepedulian terhadap etnis Tionghoa.(sp/kompas)