POLRI Selidiki Video Anggota ISIS yang Tantang Panglima TNI

Jakarta – Video yang diunggah ke Youtube berdurasi 4 menit yang berisi seorang anggota ISIS menantang Panglima TNI menggemparkan dunia maya. Polisi bergerak cepat dengan menelusuri siapa yang membuat dan mengunggah video itu.
“Kita lakukan upaya penelusuran. Bisa kita tuntaskan, dalam artian menemukan. Itu kan bisa dibuat untuk apa saja,” kata Karopenmas Polri Brigjen Agus Rianto saat dihubungi, Jumat (26/12/2014).
Sosok yang berada di video itu disebutkan bernama Abu Jandal Al Yemeni Al Indonesi. Dalam pernyataannya, Abu Jandal mengaku akan menunggu kedatangan TNI, Polri dan Banser untuk datang ke Suriah dan Irak, jika tidak ISIS yang akan datang ke Indonesia. Pihak kepolisian mengimbau agar masyarakat tak khawatir dengan pernyataan yang diunggah di situs berbagi video itu.
“Info apapun yang beredar untuk ganggu Kamtibmas, kita sudah lakukan langkah-langkah internal. Jangan terpengaruh isu-isu ini, kita waspada amankan diri. Mudah-mudahan itu tidak terwujud,” jelas Agus.
“Kita dibantu masyarakat, info-info yang berkembang tolong diampaikan ke kita,” imbuhnya.
Seorang perwira di Polri mengatakan sosok Abu Jandal memiliki nama Salim Mubarok At Tamimi. Dia adalah warga Malang berdarah Timur Tengah.
Dia adalah gelombang pertama yang berangkat ke Suriah. Tidak diketahui rombongan keberangkatan Salim saat itu. Tidak terdeteksi pula keberangkatan dia dari mana.(dtk/sp)