Muslimah Pakistan Raih Nilai Ujian Matematika Terbaik di Dunia

Seorang pelajar Muslimah asal
Pakistan yang baru berusia 17 tahun berhasil meraih nilai tertinggi di
dunia dalam ujian matematika. Ujian matematika ini merupakan ujian
matematika Cambridge IGCSE yang diikuti oleh berbagai sekolah dari
berbagai negara.

Lebih
dari 10.000 sekolah dari 160 negara di dunia mengikuti ujian matematika
ini. Meski banyak pesaing, Ayesha Memom berhasil mengungguli para
pelajar lain dari sekolah-sekolah tersebut. Sebagai penghargaan atas
prestasi yang dicapainya, Ayesha akan dianugerahi penghargaan Sheikh
Maktoum bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum Cambridge Outstanding Learner
Award. “Guru-guru saya telah mengira bahwa saya akan mendapatkan
penghargaan bergengsi ini pada tahun ini, akan tetapi sejujurnya saya
masih belum mempercayainya. Ini merupakan kabar baik bagi saya dan juga
keluarga saya,” terang Ayesha.
Ayesha
pindah ke Uni Emirat Arab (UEA) tiga tahun lalu karena pekerjaan
ayahnya yang seorang dokter di rumah sakit Ras Al Khaimah. Ayesha
menyatakan kualitas pendidikan di UEA memiliki standar yang sangat
tinggi. Ia menyatakan, di UEA, para pelajar tidak hanya terikat pada
pelajaran saja. Sekolah-sekolah di UEA juga menyediakan berbagai macam
aktivitas untuk membentuk kepribadian dari para pelajar.
Meski
begitu, pendidikan di UEA sangatlah mahal. Hal itu cukup memberatkan
Ayesha untuk melanjutkan studi di UEA sehingga kemungkinan ia akan
melanjutkan studi di luar UEA. Meskipun ia ingin tetap melanjutkan
pendidikan di UEA, tapi ia mengerti keinginannya akan cukup membebani
orang tuanya yang harus membiayai pendidikan saudaranya juga.
Sebelumnya,
ketika ia tinggal di Arab Saudi, ia mengenyam pendidikan dengan metode
//homeschooling// selama tujuh tahun. Ayesha menyatakan bahwa ia tidak
dapat menikmati masa-masa itu. Ia menilai sistem homeschooling
menghilangkan kepercayaan diri serta kemampuan komunikasi anak.
“Saya membutuhkan banyak waktu untuk menyesuaikan diri dan berpartisipasi di lingkungan sekolah umum,” jelas Ayesha. (rol/sp)