Muhammadiyah: Rasulullah Larang Umat Islam Pakai Atribut Agama Lain

Menjelang Hari Raya umat Nasrani banyak pegawai toko dan perusahaan yang menggunakan atribut natal. Ketua PP Muhammadiyah Prof Yunahar Ilyas mengatakan Nabi Muhammad SAW melarang seorang muslim memakai atribut agama lain.

Hadist riwayat Tirmidzi, bukan dari golongan kami orang yang menyerupai selain kami, janganlah kalian menyerupai Yahudi dan nasrani. Jelang natal ini banyak toko yang berhiaskan atribut natal seperti pohon natal, pakaian sinterklas, dan hadiah-hadiah natal.
“Pemakaian topi sinterklas, jenggot dan bajunya bukan atribut umum, ini merupakan ciri khas agama lain, sehingga tidak boleh umat muslim memakainya,” ujarnyaJumat (19/12/2014).
Yunahar menghimbau bagi pemilik toko dan pemilik perusahaan menghormati aturan Islam. Dia mengatakan jangan memaksa anak buahnya untuk menggunakan atribut natal hanya demi keuntungan perusahaan.
Toleransi antarumat beragama bukan berarti menggunakan atribut agama lain. Melainkan tidak memaksakan umat lain untuk mengikuti ajaran mereka dan atribut ibadah serta perayaan mereka. (sp/rol)