Milad Muhammadiyah Batang Hadirkan Bapak Agus Sukaca, Jama’ah Membeludak

 

Jamaah milad 105 H/102 M Muhammadiyah di Reban membludak

Batang- Kegiatan pengajian ahad pagi yang digelar dalam rangka milad ke-105 H/102 M Muhammadiyah yang dipusatkan di Gedung Dakwah PCM Reban, Minggu (30/11), banjir jamaah. Ribuan orang berduyun-duyun memadati pengajian yang dihadiri Ketua Majlis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Drs H Agus Sukaca M Kes itu.

“Upaya menjadi pribadi Muslim yang sebenar-benarnya tidaklah bisa ditempuh secara instan. Maka harus ada upaya secara terus menerus dan berkelanjutan untuk mewujudkannya,” seru Agus Sukaca.

Untuk itu, dia memberikan konsep “The Nine Golden Habbits” atau sembilan kebiasaan emas sebagai ikhtiar mencapai pribadi Muslim yang unggul. Kesembilan habbits itu, yakni shalat wajib maupun sunah, puasa, berzakat infaq dan sedekah, membaca Alquran, membaca buku satu jam perhari, berakhlak Islami, mengaji setiap minggu, berbuat baik dan menebar manfaat, serta berpikir positif dan murah senyum.

Ketua PDM Batang, Drs H Nasikhin MH, dalam pidato miladnya, menyatakan Muhammadiyah sebagai organisasi mapan, mengingat usianya yang telah mencapai lebih dari satu abad serta peran aktifnya dalam membangun bangsa. Menurutnya, Muhammadiyah juga organisasi terbaik, yang selalu bersinergi dan berjuang mengemban misi dakwah dan tajdid, sehingga kiprahnya dalam memajukan bangsa tak bisa diragukan.

“Muhammadiyah senantiasa berpegang pada Alquran dan As Sunah sebagai kunci utama dalam setiap gerak dan nafas amal sholeh. Organisasi ini juga didirikan sebagai pelembagaan atas tugas amar makruf nahyi munkar, sebagai kontrol dan pembeda antara yang haq dan bathil, guna mencapai gerakan pencerahan menuju Indonesia berkemajuan,” jelasnya.

Dalam kegiatan puncak milad itu, Lazismu juga menyalurkan bantuan, baik zakat konsumtif maupun bantuan zakat produktif. Bantuan dimaksud berupa modal dan alat penunjang produksi, seperti mesin pendingin fresher Show case, Mixer listrik roti, gergaji mesin Senso, Paranet atau peralatan pembibitan, peralatan bengkel mobil, hewan ternak berupa 8 ekor kambing dan juga bantuan modal uang senilai jutaan rupiah serta santuan korban kebakaran rumah. “Penerima bantuan tersebar di berbagai kecamatan se Kabupaten Batang,” kata Ketua Lazismu, Suwito BA.

Staf Humas PDM Batang, Muntoro M, mengungkapkan, pengajian di Reban itu merupakan penutup rangkaian peringatan milad Muhammadiyah tahun 2014. Sebelumnya, berbagai kegiatan juga digelar untuk memeriahkan. “Masing-masing cabang juga menggelar sendiri kegiatan untuk menyemarakan milad tahun ini,” ujarnya. (sp/radarpekalongan)