Mikrobus Surya Muhammadiyah Finish di Surabaya, Usai Tour de Java


Surabaya – Karya anak bangsa kembali muncul, kali ini adalah mikrobus solar car ‘Suryawangsa 2’ dibuat oleh siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Malang, Jawa Timur.

Mikrobus bertenaga surya ini hari Kamis, tiba di Tugu Pahlawan Surabaya, setelah melakukan “Tour de Java” dari Jakarta sejak 19 Desember 2014.

Kedatangan tim mikrobus yang dinamai “Suryawangsa 2” SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Malang itu disambut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Dr Harun, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan PTK Sekolah Muhammadiyah se-Jatim.

“Selama sepekan, mobil bertenaga matahari itu menyusuri jalur pantura yang ganas dan terjal sepanjang 1.000 km dengan start dari Kantor PP Muhammadiyah Jakarta,” kata Sekretaris PW Muhammadiyah Jatim, H Najib Hamid.

Setelah dilepas Mendikbud Anies Baswedan dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin di Kantor PP Muhammadiyah itu, mikrobus itu menuju Tugu Monas, Tol Cikampek, Indramayu, Cirebon, Brebes, Kendal, Semarang, Demak, Kudus, Rembang, Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, dan akhirnya kembali ke Malang

Selama perjalanan, tim mikrobus singgah di beberapa pos, di antaranya SMK Muhammadiyah Haurgelis Indramayu, SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes, PDM Kendal, PWM Jawa Tengah, dan SMK Muhammadiyah Sayung Demak.

Selanjutnya, SMK Muhammadiyah Kudus, PDM Rembang, PDM Tuban, SMK Muhammadiyah 5 Babat, Pondok Modern Paciran Lamongan, dan SMP Muhammadiyah GKB Gresik.

Selama rehat di beberapa titik perjalanan tersebut, Tim Mikrobus yang beranggotakan 12 anak itu melakukan “dakwah teknologi” tentang transportasi masa depan. Tim mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat dan pegiat pendidikan.

“Alhamdulillah Tour De Java Mikrobus Solar-Car Suryawangsa 2 berjalan lancar, sesuai rencana. Mobil ini kuat dan tangguh. Tak ada kerusakan dan hambatan serius. Sekalipun menempuh medan yang ekstrem di Jalur Pantura, bahkan hujan dan banjir serta tanjakan tajam dan berat, tapi mobil tanpa bahan bakar minyak ini melaju dengan kencang dan mulus,” Kata Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang, H Pahri MM.(ant/sp)