Masukkan Azan dalam Lagu, Penyanyi Korsel Minta maaf

Penyanyi rap kenamaan Korea Selatan (Korsel), Loco akhirnya meminta maaf. Itu setelah secara tidak sadar ia menggunakan suara azan, yang merupakan panggilan shalat umat Islam ke dalam salah satu lagnya berjudul Act Serious. Kecerobohannya itu menuai kontroversi.

Dilansir Koreaboo, Loco baru saja merilis album barunya ‘Lokomotif’ pada 28 November. Sayangnya, satu lagunya, Act Serius, memicu banyak respon negatif dari komunitas Muslim. Pasalnya, azan memiliki nilai sangat suci bagi umat Islam lantaran merupakan panggilan untuk ibadah, biasanya dikumandangkan Muazzin, yang bertanggung jawab memanggil umat Islam untuk menjalankan ibadah.

Beberapa penggemar rapper bernama asli Kwon Hyuk-woo tersebut yang mendengar lantunan azan dalam salah satu lagunya maupun pendengar lagu di dunia maya yang notabene seorang Muslim turut menyuarakan keprihatinannya.

Hanya berselang sehari setelah peluncuran mini album tersebut, Loco yang mendengar keluhan penggemarnya langsung meminta maaf ke publik. Melalui Twitter, ia mengaku tidak memahami maksud suara azan tersebut. Padahal, azan memiliki kesakralan dalam umat Islam, dan memasukkannya ke dalam lagu merupakan tindakan tak sopan.

Beberapa fans menerima permintaan maafnya dan menghargai kenyataan bahwa ia menyadari kesalahannya. Sementara itu, beberapa penggemarnya berharap idolanya itu seharusnya tahu lebih baik tentang maksud suara azan sebelum meluncurkan lagu terbarunya ke publik