Kisah Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Aceh 2004


Banda Aceh – Tsunami tahun 2004 silam meluluhlantakkan Aceh. Namun bencana itu menyimpan kisah tentang masjid yang tegak berdiri, meski seluruh kota musnah diterjang dahsyatnya gelombang. Inilah Masjid Rahmatullah di Aceh Besar. 
Bencana tsunami Aceh tentunya masih membekas di ingatan kita. Saat liburan ke Aceh, tidak ada salahnya mengunjungi bangunan yang menjadi saksi bisu bencana yang sangat dahsyat itu. 
Selain Masjid Raya Baiturrahman, ada pula Masjid Rahmatullah yang tetap kokoh setelah diterjang tsunami. Beberapa waktu usai tsunami, ada foto Masjid Rahmatullah yang sempat membuat heboh dunia internasional.
Foto tersebut memperlihatkan keadaan Masjid Rahmatullah pasca tsunami. Di foto terlihat keadaan sekeliling masjid yang kosong, semua bangunan rata dengan tanah kecuali Masjid Rahmatullah.


Foto ini pun membuat orang-orang takjub dan penasaran. Kisah masjid ini terdengar hingga mancanegara dan banyak wisatawan yang datang mengunjungi Masjid Rahmatullah untuk melihat langsung masjid yang ajaib ini.


Masjid Rahmatullah lokasinya dekat dengan Pantai Lampuuk, Lhok Nga. Hingga sekarang, beberapa foto kenangan masa tsunami dipajang di salah satu sudut masjid. Tiang-tiang yang rusak terkena tsunami juga masih dibiarkan sebagai gambaran betapa dahsyatnya gelombang yang menerjang.(dtk/sp)