Jokowi akan Ikut Perayaan Natal, Inilah Seruan Legislator Papua

Legislator DPR, Willem Wandik berpendapat, rencana kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan di Papua merupakan suatu kehormatan bagi semua.

“Itu merupakan suatu kehormatan tersendiri, Presiden Jokowi bersama rombongan direncanakan hadir dalam perayaan Natal nasional bersama di Papua pada 27 Desember nanti,” kata polirikua dari dapil Papua itu di Kota Jayapura, Kamis (17/12).
Untuk itu, Wandik mengajak semua pihak untuk secara bertanggungjawab menjaga keamanan di lingkungan masing-masing selama kehadiran mantan Gubernur DKI Jakarta itu di Papua.
“Kami mengharapkan seluruh lapisan masyarakat baik eksekutif dan legislatif, tokoh adat dan agama, perempuan, semua insan pers, LSM, dan semua komponen masyarakat. Kita semua turun untuk menjaga stabilitas kamtibmas di tanah Papua,” katanya.
“Kita semua jaga sama-sama supaya perayaan Natal dan tahun baru, saat kunjungan Presiden Jokowi, kita bisa melangkah dan berjalan dengan aman dan damai,” lanjutnya.
Wandik mengungkapkan, Bumi Cenderawasih tidak pernah dinodai dengan suatu insiden kekerasan pada saat perayaan Natal dan tahun baru atau perayaan keagamaan lainnya.
“Memang kita tahu di Papua ini tidak pernah ada tindakan-tindakan yang menimbulkan orang lain terusik, baik saat menjalankan ibadahnya sesuai keyakinan dan keimanannya, maupun saat santai,” katanya.
“Di sini selalu terbuka, orang dari mana saja mencari nafkah di sini, menjalankan ibadah dan selalu hidup berdampingan di tengah pluralisme. Itu merupakan esensi dari pada empat pilar demokrasi dan itu ada di sini, bagaimana agar kita terus menjaga itu,” ucapnya.
Jokowi bersama rombongan direncanakan menghadiri perayaan Natal nasional bersama di Lapangan Lanud, Sentani, Kabupaten Jayapura, pada 27 Desember 2014.
Mantan wali kota Solo itu juga dijadwalkan akan meresmikan sejumlah pasar, mengunjungi Wamena dan bertemu dengan sejumlah tokoh Papua. (sp/rol)