Inilah Tanggapan Din Syamsuddin Terkait Namanya Dirilis Sebagai Pendukung ISIS

Prof.Dr.Din Syamsuddin, MA
Jakarta– Beredar berita Kementerian luar negeri Amerika Serikat keluarkan daftar nama teroris ataupun orang-orang yang mendukung gerakan Islamic State Iraq and Syiria (ISIS). Salah satu nama yang disebut adalah Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin. 

Informasi tersebut muncul di media online berbahasa arab Almashhad-Alyemeni. Selain Din Syamsudin,  Ketua MUI Amidhan dan mantan menteri sosial Salim Jufri Assegaf juga masuk dalam 119 nama yang disebut-sebut teroris itu.

Bagaimana tanggapan Din?

“Tidak ada respon. Saya juga tidak kaget, itu berita lucu, iseng, ngawur dan gila,” ujar Ketua MUI Din Syamsudin kepada wartawan saat ditemui usai diskusi di kantor CDCC, Jakarta (Selasa, 2/12/2014).

Din mengaku siang tadi dirinya bertatap muka dengan dubes AS untuk Indonesia Robert O Blake dan tak menyinggung isu tak berdasar tersebut. Din dan Blake hanya membahasa demokrasi pasca pilres, radikalisme dan kebangkitan asia.

“Saya bersahabat baik dengan Blake, mereka tidak ada respon apapun. Saya juga alumni (pendidikan) AS, walau tetap sangat kritis terhadap AS. Tapi kalau soal ISIS saya, baik di Muhammadiyah maupun di MUI menolak perilaku kekerasan,” kata Din.

Din bahkan menegaskan masih menyimpan dokumentasi pertemuan forum ukhusah Islamiyah (FUI), Muhammadiyah, forum wolrd common forum dan Majelis Ulama Indonesia yang membahas soal ISIS dan meminta semua pihak proporsional.

“Lagian saya juga tak ada waktu untuk menanggapi dan berfikir ada apa dibalik informasi itu. Saya yakin dunia barat dan Islam tak akan percaya informasinya. Soalnya menyebut nama pak Amidan dan Jufri Assegaf juga. Jadi tak usah ditanggapi,” demikian Din.

Berita soal Kemlu AS merilis nama teroris tersebut bisa dilihat di  almashhad-alyemeni.com