Inilah 5 Universitas Top Indonesia yang Masuk Level Asia

Times Higher, sebuah majalah mingguan terbitan London, Inggris yang fokus di bidang pendidikan tinggi bisa jadi salah satu jawabannya. Bekerjasama dengan QS World Universities Ranking, Times Higher secara rutin merilis publikasi ranking universitas terbaik melalui Times Higher Education Supplement, baik dalam skala internasional maupun regional. Penasaran universitas mana saja di Indonesia yang termasuk ke dalam kategori ‘top universities’ se-Asia ? Simak ulasannya sebagai berikut:

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat 71 top universities Asia dengan overall score 58,8. Sementara itu, untuk kategori penilaian academic reputation, UI meraih skor sebesar 80,9 dan menduduki peringkat 44 Asia.

 2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut teknologi yang terletak di kota kembang, Bandung ini menduduki peringkat 125 top universities Asiadenganoverall score 45,2. Namun demikian, untuk kategori academic reputation dan employer reputation, ITB meraih skor lebih tinggi dari UI, masing-masing yakni 81,2 (peringkat 43) dan 89,2 (peringkat 35).

3. Universitas Airlangga (Unair)
 

Universitas Airlangga menduduki peringkat 127 top universities Asia dengan overall score sebesar 45,0. Sementara untuk kategori penilaian academic reputation, Unair menduduki peringkat 98 Asia dengan skor 50,7. Uniknya, dari kategori penilaian citations per paper, Universitas Airlangga menduduki peringkat 2 Asia dengan skor 100.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)
 

Universitas yang merupakan almamater Presiden Joko Widodo ini menduduki peringkat 145 top universities Asia dengan overall score 41,5. Namun demikian, dari kategori academic reputation, UGM menduduki peringkat 52 dengan skor 74,9.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB) 
 

Institut Pertanian Bogor menduduki peringkat 250 besar dunia top universities Asia. Termasuk ke dalam kategori ini dua universitas lainnya, yakni Universitas Diponegoro, Semarang dan Universitas Padjadjaran, Bandung.