Berikut Daftar Pemda Terbaik di Bidang Pekerjaan Umum

Jakarta – Penghargaan untuk daerah oleh pemerintah pusat bisa meningkat kinerja pemda setempat. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) menggelar Malam Penganugerahan Kinerja Pemerintah Daerah di bidang Pekerjaan Umum (PKPD-PU) di Gedung Sumberdaya Air Lementerian PU Pera, Jakarta, Jumat (5/12/2014).

Program penghargaan yang telah dilaksanakan sejak 2005 ini, memberikan sejumlah penghargaan sebagai apresiasi kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang dinilai memiliki kelebihan dalam menyelenggarakan layanan dan penyediaan infrastruktur pekerjaan umum.

Apresiasi tersebut mencakup penghargaan dalam bidang penataan ruang, bidang pekerjaan umum (sub bidang sumber daya air, bina marga, cipta karya), dan bidang pembinaan jasa konstruksi.

“Penilaian dalam PKPD-PU ini dilakukan dengan melihat kombinasi antara potret dan kinerja pemerintah daerah ketika menyelenggarakan sebagian urusan wajib pada lingkup pekerjaan umum, sesuai kategori dan kriteria yang telah ditetapkan,” ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono dalam sambutannya.

Dari nama-nama yang muncul sebagai pemenang, tak hanya didominasi oleh Pemerintah Daerah di Pulau Jawa Saja tetapi juga di pulau lainnya di seluruh Indonesia.

Kota Surabaya yang dipimpin Wali Kota Tri Rismaharini mendapat penghargaan juara 1 PKPD-PU Sub Bidang Cipta Karya kategori Kota Metropolitan, sementara Kabupaten Banyuwangi yang dipimpin Bupati Abdullah Azwar Anas menyabet penghargaan PKPD-PU Sub Bidang Penataan Ruang Kategori Kabupaten.

Berikut daftar lengkap Pemerintah Daerah yang menerima penghargaan sesuai kategori wilayah administratif dan kategori penilaiannya.

Sub Bidang Penataan Ruang:

Kategori Provinsi dimenangkan oleh Provinsi Jawa Timur
Kategori Kabupaten dimenangkan oleh Kabupaten Banyuwangi
Kategori Kota dimenangkan Kota Balikpapan

Sub Bidang Sumberdaya Air:

Kategori Provinsi dimenangkan Provinsi Sulawesi Selatan
Kategori Kabupaten dimenangkan Kabupaten Tanggamus
Kategori Kota dimenangkan Kota Payakumbuh

Sub Bidang Bina Marga:

Kategori Provinsi dimenangkan oleh Provinsi Jawa Tengah
Kategori Kabupaten dimenangkan oleh Kabupaten Bandung
Kategori Kota dimenangkan Kota Pekanbaru

Sub Bidang Cipta Karya:

Kategori Metropolitan atau Kota Besar dimenangkan oleh Kota Surabaya
Kategori Kota Kecil atau Sedang dimenangkan oleh Kota Payakumbuh
Kategori Kabupaten dimenangkan oleh Tabanan

Sub Bidang Jasa Konstruksi:

Kategori Provinsi dimenangkan oleh Provinsi DI Yogyakarta
Kategori Kabupaten dimenangkan oleh Kabupaten Ponorogo