Bayi Gajah yang Baru Lahir di Taman Safari Diberi Nama Jokowi

Bogor, – Koleksi satwa Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor kembali bertambah menjelang pergantian tahun. Seekor gajah, Orang Utan Sumatera, simpanse dan burung rangkong, lahir menjelang Natal dan penghujung tahun 2014.
Uniknya, seekor gajah yang lahir pada tanggal 21 Desember 2014 tersebut, kemudian diberi nama “Jokowi”. Sedangkan Orang Utan Sumatera berkelamin betina, diberi nama “Iriana”.
Humas TSI Julius Suprihardo mengatakan, pemberian nama “Jokowi” untuk gajah berkelamin jantan tersebut sudah mendapat ijin dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), yakni setelah pihak TSI melaporkan kelahiran gajah tersebut ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI.
“Bayi gajah Sumatera ini berasal dari indukan Tini dan Kadir. Kelahiran gajah ini merupakan kelahiran ke-25. Kita sudah mendapat ijin langsung dari Pak Jokowi untuk memberi nama gajah ini,” kata Julius Suprihardo kepada detikcom, Jum’at (26/12/2014)
Sementara Orang Utan Sumatera (Pongo Abelii) yang lahir sehari setelah kelahiran “Jokowi”, diberi nama “Iriana”, nama yang sama dengan nama Ibu Negara. Bayi orang utan ini berkelamin betina dan lahir dari indukan Desi dan Oyong. “Yang Orang Utan Sumatera berkelamin betina. Dia lahir tanggal 22 Desember 2014, sehari setelah kelahiran gajah Sumatera,” terang Julius.
Kehadiran ‘Jokowi’ ‎dan ‘Iriana’ menambah jumlah kelahiran satwa endemik di lembaga konservasi Taman Safari Indonesia. Kehadiran mereka merupakan sebuah kabar gembira di tengah maraknya konflik gajah dengan manusia. TSI mengaku akan terus berusaha untuk meningkatkan populasi mereka agar terlepas dari ancaman kepunahan. Selain ‘Jokowi’ dan ‘Iriana’, koleksi satwa di TSI semakin bertambah dengan kelahiran seekor ba‎yi simpanse yang lahir pada tanggal 24 Desember dan berbagai jenis burung Julang. 
Di musim libur akhir tahun ini, kata Julius, pihak TSI akan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menarik minat wisatawan. Parade Natal akan diselenggarakan dari tanggal 25 sampai 27 Desember untuk menghibur semua pengunjung. Sementara pada malam pergantian tahun, TSI akan menyuguhkan acara tutup tahun dengan tema ‘Power Of Asia’.(arf/sp)