Banser Dibekali Tenaga Dalam Bantu Pengamanan Gereja

Bondowoso – Sebanyak 200 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten  Bondowoso, Jawa Timur, dibekali dengan ilmu tenaga dalam untuk menjaga gereja saat perayaan  Natal   25 Desember.
“Kami sengaja bekali anggota kami dengan ilmu tenaga dalam. Untuk jaga-jaga saja jika sewaktu-waktu ada hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Ketua GP Ansor Bondowoso, Muzammil,  Senin (15/12/2014).
Muzammil mengatakan, upaya membekali dengan tenaga dalam ini dilakukan karena Banser tidak bisa memiliki senjata. Karena itu tenaga dalam dirasa cukup sebagai pengganti senjata api atau senjata tajam.
Menurut Muzammil, 200 anggota Banser tersebut akan disebar ke seluruh gereja yang ada di Kabupaten Bondowoso. “Khusus gereja yang ada di kawasan kota, kami akan langsung berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat. Sebab, sifatnya kami hanya mendukung pengamanan saja,” katanya.
Muzammil berharap, pelaksanaan ibadah Natalyang akan dirayakan umat kristiani dapat berjalan dengan lancar dan khidmat. Dengan demikian, Banser berharap bisa menumbuhkan toleransi di antara umat beragama.
“Kita harus tunjukkan kepada dunia, bahwa Islam mengajarkan yang namanya toleransi dan sikap saling menghormati antar umat beragama. Kita ini hidup di negara yang sangat majemuk, untuk itu persatuan dan kesatuan bangsa harus kita dahulukan di atas kepentingan pribadi maupun golongan,” ucapnya.(tribbun/sp)