Arief Rahman : Kurikulum 2013 Sudah Bagus, Tak Perlu Dihilangkan

JAKARTA — Pemberhentian Kurikulum 2013 bagi sekolah yang baru menjalankannya selama satu semester merupakan kebijakan baru dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayan. Menteri Anies Baswedan berjanji tidak akan membuat kurikulum baru. Karena pada dasarnya konsep Kurikulum 2013 sudah bagus dan tidak perlu digantikan.


Pengamat Pendidikan Dr. Arief Rahman berpendapat Kurikulum 2013 hanya membutuhkan perbaikan sebagaimana yang akan dilakukan Kemendikbud sekarang. “Kurikulum 2013 itu sudah bagus secara konsep. Jadi memang tidak perlu diganti atau dihilangkan. Tapi harus diperbaiki”, tutur Arief.

Menurutnya langkah Kementerian saat ini sudah tepat. Ia pun menambahkan bahwa perbaikan tersebut akan membutuhkan waktu yang panjang. Begitu pula dengan pengaplikasiannya. Sebab pelaksanaan K13 mesti dilakukan secara bertahap dan membutuhkan kesabaran.

Arief pun mendukung dibentuknya sekolah percontohan. Ia berpendapat dengan begitu setiap guru dapat memahami K13 secara lebih menyeluruh. “Banyak guru yang belum paham. Makkanya pelalsanaan K13 di lapangan sulit dijalankan. Melalui sekolah percontohan pelaksana K13 dapat mempelajari dan memahaminya dengan baik,” tutur Arief.

Menurut Arief keberadaan sekolah percontohan sangat penting. Sebab dari situlah sekolah-sekolah yang sudah bagus harus menularkan bagaimana cara implementasi K13 yang baik.(sp/rol)