AFDA PCI Muhammadiyah Mesir Berburu Teleskop

Tim AFDA berfoto bersama di Voyager Vactory

Kairo – Musim dingin disertai rintik hujan yang menyapa kawan-kawan kajian AFDA (Kajian Astronomi) di penghujung November tidak menyulutkan mereka untuk beraktivitas di luar ruangan.

Selasa (25 November 2014), 6 orang kawan-kawan AFDA berkunjung ke salah satu toko teleskop, yaitu Voyager Factory, di Provinsi Tantha, Mesir, sekitar 85 km dari Kairo. 5 orang kawan AFDA: Mushab,Ismail, Furqon, Naufal dan Hafiz berkumpul terlebih dahulu di Ramses pada pukul 12.00, sedangkan Zaky al-Rasyid  langsung menuju Tantha dikarenakan letak rumahnya yang berdekatan. Setelah kawan-kawan berkumpul akhirnya dipilihlah jalur kereta api, karena dinilai jarak 85 km lebih efisien jika ditempuh dengan kereta.
Sesampainya di sana,pukul 13.30. Tim AFDA disambut dengan ramah oleh  Mukhtar, manager dari Voyager Factory yang kebetulan sudah kenal dekat dengan salah satu anggota AFDA, Furqon. Tentunya kunjungan ini dilakukan bukan tanpa sebab. Sebelumnya, beberapa anggota AFDA berkeinginan untuk membeli teleskop di Mesir.
Harga teleskop pun beranekaragam, teleskop standar dapat dimiliki dengan budget 1500 le. Namun, jika kawan-kawan ingin memilki teleskop dengan spesifikasi yang lebih lengkap disusul dengan kualitas lensanya yang mumpuni, budget 2000 le dirasa cukup.
Setelah mengobrol panjang lebar dan bertanya-tanya tentang teleskop dan harga-harganya, akhirnya dua buah teleskop berhasil dibeli. Dua teleskop Voyager standar lengkap dengan mount dan eye piece dibeli oleh Naufal dan Hafidz. Pembelian ini melengkapi teleskop personal yang dimiliki kawan-kawan AFDA, berjumlah 3 buah. Disamping teleskop yang dimiliki oleh PCIM itu sendiri.
Pukul 16.30, kawan-kawan AFDA menyudahi petualangan  mereka di bumi Tantha. Lantas memutuskan pulang dan merakit kembali teleskop yang sudah terbeli. Kebahagiaan semakin bertambah dengan kehadiran keluarga baru teleskop kawan-kawan AFDA. (mushab sleman/pcimmesir)