Home Opini 6 Tipe Kader Muhammadiyah yang Perlu Diketahui

6 Tipe Kader Muhammadiyah yang Perlu Diketahui

oleh : Ninin Karlina
Sekedar mengajak mengenali diri temasuk yang manakah kita?
1. Kader Biologis: Orang yg lahir dari keluarga yg sudah menjadi Warga Muhammadiyah. secara ideologis aktivis belum tentu sesuai harapan Orang tuanya.

2. Kader Ideologis dan aktivis : Orang-orang yg bermuhammadiyah karena sejak lama ikut dalam kegiatan dan pendidikan kader Muhammadiyah. hal itu ditandai dgn tergabungnya dirinya dlm struktur Oranisasi Muhammadiyah mulai dari Ortom Muhammadiyah hingga Majelis Muhammadiyah. kader inilah yg mampu menggerakan Roda Persyarikatan.

3. Kader Honoris : Adalah orang yang berMuhammadiyah dikarenakan dia bekerja di AUM tapi tidak mau bergabung dalam kegiatan dan struktur organisasi Muhammadiyah, termasuk orang yg mendadak mendapatkan NBM tapi demi kepentingan pribadi.

4. Kader Simpatik : Orang yg menyukai kegiatan Muhammadiyah tapi belum mengenal Muhammadiyah secara mendalam. inilah kader potensial agar dapat menjadi kader ideologis dan aktivis. Termasuk pula para Pelajar dan mahasiswa Muhammadiyah.

5. Kader keartisan / numpang tenar : adalah orang yg mengaku dan bangga Bermuhammadiyah karena merasa memiliki kepandaian Intelektual yg baik sehingga dapat menangkap pergerakan Muhammadiyah yg dianggap realistis, tapi untuk ikut berjuang dalm persyarikatan Muhammadiyah mereka banyak argumen.

6. Kader Penghianat : Mereka adalah orang-orang yg berangkat dari kader honoris di lembaga pendidikan Muhammadiyah , tapi setelah sertifikasi dan menjadi PNS mereka berbalik memusuhi Muhammadiyah.
penulis adalah Kader PDNA Sukoharjo