Siswa SMK Muhammadiyah Ciptakan Motor Internet

Padang – Siswa Indonesia semakin kreatif berinovasi menemukan hasil percobaan ataupun penelitian. Dengan mengandalkan cahaya matahari, sejumlah siswa SMK Muhammadiyah Kota Padang, Sumatera Barat, menciptakan sepeda motor wifi tenaga surya. Alat ini bisa digunakan untuk mengakses internet di daerah yang belum dialiri listrik.
Alat sederhana nan canggih itu diberi nama Smonet atau Sepeda Motor Internet bertenaga surya. Sepeda ini dibuat dan dirangkai oleh sejumlah siswa SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Muhamadiyah Kota Padang.
Dengan menggunakan sepeda motor roda tiga dan meletakan lima monitor komputer, para siswa ini mengkonversikan tenaga matahari menjadi energi listrik. Tenaga itu lalu diterima oleh panel surya atau solar sel dan dikirim ke UPS yang kemudian dirangkai menjadi server internet yang bisa menjadi penerima wifi, hingga bisa digunakan untuk mengakses internet.
Smonet ini dikerjakan selama satu bulan oleh lima orang siswa kelas tiga dengan satu orang guru pembimbing. Smonet ini mereka ciptakan dengan tujuan agar para pelajar yang tinggal di daerah terisolir yang daerahnya belum dialiri listrik . bisa belajar internet, sama seperti daerah-daerah maju lainnya di tanah air. 
Selain menggunakan tenaga matahari, alat ini bisa dibawa kemana saja dengan mudah karena menggunakan sepeda motor, dan siswa pun bisa belajar tidak hanya di dalam kelas. Namun bisa juga di taman atau luar sekolah.
Speda motor internet tenaga surya ini baru mereka ciptakan sebanyak dua unit, dan rencananya akan dikembangkan oleh pemerintah kota setempat untuk ditempatkan di berbagai kecamatan dan daerah terpencil di Kota Padang.(sp/sindo)