PCNA Kalikajar Siapkan Generasi Qur’ani Lewat TK Al-Qur’an

Wonosobo – Anak terlahir bagaikan selembar kertas putih, ia akan menjadi seperti apa tergantung dari yang mewarnai jiwanya. Apa yang ditorehkan di kertas tersebut, itulah yang akan membentuk karakter anak. Anak yang ditanamkan dengan warna agama dan budi pekerti akan lebih mampu menghadapi ujian hidup dan dapat terhindar dari berbagai pengaruh negatif. Mendidik anak dengan Al-Qur’an dapat membantu membentuk karakter yang baik pada anak. Guna mencetak generasi Qur’ani inilah, Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Kalikajar Wonosobo menyelenggarakan TK Al-Qur’an.

TK Al-Qur’an PCNA Kalikajar, Wonosobo memiliki 40 santri dengan rentang usia 3-7 tahun. Menurut Fitri Widiyati, Sekretaris PCNA Kalikajar, Wonosobo, TK Al-Qur’an (TKA) yang telah berdiri selama 4 tahun ini menggunakan rumah penduduk yang sedang tidak digunakan sebagai tempat pembelajaran. “Awalnya kami hanya memakai ruang tamu karena santri baru sedikit, seiring bertambahnya santri maka kami diijinkan untuk menggunakan ruangan yang lebih luas,” jelasnya.

TKA tidak dapat terus berlangsung tanpa pendanaan yang memadai. Pendanaan untuk operasional TKA berasal dari donatur dan syahriyah santri yang dibayarkan setiap bulannya. “Pembayaran dari santri bervariasi tergantung kemampuan, ada yang 2 ribu, ada yang 10 ribu,” ungkap Fitri.

TKA yang memiliki 3 ustadzah ini mengajarkan materi iqro’, dienul islam, do’a sholat, do’a sehari2, hafalan surat pendek, dan pengenalan bhs arab. “Selain kegiatan pembelajaran, juga terdapat kegiatan pengajian wali santri tiap 3 bulan sekali, tadabur alam tiap 2 minggu sekali, pemberian makanan tambahan tiap 1 bulan sekali serta kajian bulan Ramadhan,” paparnya.

Fitri mengatakan bahwa TKA PCNA Kalikajar telah memiliki banyak prestasi pada berbagai lomba di tingkat kecamatan, diantaranya juara 1 lomba CCQ, juara 1 lomba paduan suara putra, dan juara 2 lomba paduan suara putri. Di samping itu, TKA PCNA Kalikajar juga pernah menjadi juara 1 pada lomba CCQ di tingkat Kabupaten sehingga mewakili Kabupaten Wonosobo untuk lomba CCQ di tingkat propinsi. (sp/ima/nasyiah)